Pemkot Fokus Benahi Sertifikat Lahan Sekolah

Hikmat pun mengucapkan terimakasih kepada BPN dengan program PTSL (Pendaf­taran Tanah Sistematik Len­gkap) maka pengajuan serti­fikasi sekolah lebih mudah.

“BPN memberikan kemudah bagi kami dengan program PTSL. Dengan keterbukan dan kooperatif membereskan la­han pemerintah khususnya sekolah untuk bisa berserti­fikat,” katanya.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bandung, Elijas Bambang Tjahajadi berharap, semua sekolah di Kota Bandung memiliki sertifikat.

“Sesuai tupoksi, kami men­data bidang tanah yang ada di Kota Bandung. Rangkaian program yang sudah kami lakukan sampai dengan hari ini 85 sertifikat. Insya Allah ke depannya dengan kolabo­rasi dan strategi kita harap seluruh sekolah memiliki sertifikat,” katanya.

“Dari 136 bidang yang belum (bersertifikat), sudah siap sampai dengan Peta Bidang Tanah sebanyak 91 bidang. Sisanya akan dikaji ulang. Yang belum itu, mungkin bidang tanah atau UPT yang dimaksud atas hak instansi atau pero­rangan. Di 2019 ini, 91 serti­fikat untuk SD atau SMP bisa terselesaikan. Selisih dengan jumlah 46 ini kita proses,” ungkapnya.

Kini pihaknya pun terus memetakan agar seluruh aset Pemkot Bandung ter­sertifikasi.

“Sekitar 4.000 bidang tanah yang belum kita proses, per­lu kerjasama yang apik. Untuk itu, perlunya edukasi bahwa itu aset Pemkot. Walaupun dikuasi oleh pihak lain tetapi mereka mengakui itu bahwa aset Pemkot Bandung,” pung­kasnya. (rls/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan