Uu Arahkan Pelaku Industri ke Segitiga Rebana

Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto pun mem­berikan apresiasi kepada pabrik kaca terintegrasi ini, karena terus eksis dan me­miliki integritas dalam membangun industri kaca nasional.

Kapasitas pabrik kaca Asa­himas di Cikampek menca­pai 420.000 ton, sehingga total produksi kaca Asahimas melalui pabriknya di Sido­arjo, Jawa Timur dan Cikam­pek ini mencapai 720.000 ton. Sementara nilai investasi yang ditanamkan sebesar Rp 5 Triliun, dengan menyerap tenaga kerja hingga 3.000 orang. Produksi kaca Asahi­mas untuk memenuhi kebu­tuhan bahan baku komponen otomotif, gedung, dan per­mukiman.

“Dan ini adalah leading sector di sektor float glass dan kaca di Indonesia. Juga men­jadi bukti bahwa investasi itu bisa menyerap tenaga kerja,” tutur Airlangga.

Khusus untuk industri, la­njut Airlangga, pemerintah terus mendorong peningka­tan industri dalam negeri atau P3DN. Untuk itu, Kemente­rian Perindustrian pun mendorong industri yang memanfaatkan kaca sebagai bahan bakunya — seperti otomotif, bisa menggunakan lokal konten.

“Industri seperti kaca yang terkait dengan otomotif, tentu kami dorong agar lokal kontennya selalu ditingkatkan. Dan dari informasi, 90 persen industri otomotif mengguna­kan kaca di dalam negeri,” tandasnya. (rls/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan