Hari Kunjung Perpustakaan Meriah

Langkah lainnya, kata dia, melakukan kerja sama dengan berbagai pihak. Antara lain dengan pergu­ruan tinggi, Bank Indonesia, State Library Australia Se­latan. Rencananya, pada akhir tahun ini sedang pro­ses melakukan kerjasama dengan Bandarudara Inter­national Jawa Barat (BIJB) dalam mendirikan perpus­takaan di Bandara Kerta­jati dengan nama ”Pabukon Prak Maca”.

Serta kerja sama satu kartu anggota untuk semua dengan pihak Perpustakaan Nasional RI dan perpustakaan umum kabupaten/kota se-Jawa Ba­rat. ”Insya Allah direncanakan 16 Desember 2018 nanti akan launching Street Library un­tuk 27 kabupaten/kota yang dipusatkan acaranya di Kota Tasikmalaya,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menu­turkan, tantangan terbesar dalam membangun budaya gemar membaca masyarakat (literasi) saat ini adalah me­ninggalkan tradisi lisan untuk memasuki tradisi baca tulis. “Membiasakan dan membu­dayakan gemar membaca bukan suatu hal yang mudah,” kata Iwa.

Oleh karenanya, Iwa me­mandang diperlukan adanya strategi dan terobosan-tero­bosan kegiatan yang tepat, dengan proses yang kontinyu dan berkesinambungan di­mulai dari lingkungan kelu­arga, satuan pendidikan dan masyarakat secara terinte­grasi. “Pemprov Jabar sudah banyak melakukan kegiatan dalam rangka mendorong partisipasi minat baca masy­arakat,” tandasnya. (and/adv)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan