Pendidikan Yang Terkoreksi

Aspek actuating juga turut terkoreksi, berkaca pada pengalaman, perencanaan dan pengorganisasian yang baik kurang berarti bila tidak diikuti dengan pelaksanaan kerja. Untuk itu saat ini diawal masa kepemimpinan guber­nur terpilih yang dibutuhkan adalah kerja keras, kerja cer­das dan kerjasama di bawah satu komando kepala dinas yang cerdas, berwibawa, me­miliki integritas dan loyal terhadap pencapaian tujuan pendidikan nasional di bawah kendali dan arahan pemim­pinnya. Semua sumber daya manusia yang ada harus di­optimalkan untuk mencapai visi, misi dan program kerja organisasi.

Pelaksanaan kerja harus se­jalan dengan rencana kerja yang telah disusun. Setiap SDM harus bekerja sesuai dengan tugas, fungsi dan peran, keah­lian dan kompetensi masing-masing SDM untuk mencapai visi, misi dan program kerja organisasi yang telah ditetapkan.

Aspek controlling lebih me­negasikan agar pekerjaan berjalan sesuai dengan visi, misi, aturan dan program kerja maka pengontrolan in­ternal baik dalam bentuk supervisi, pengawasan, in­speksi hingga audit perlu ditingkatkan. Pengawasan melekat yang menjadi “hidden controlling” yang dimiliki para pejabat structural perlu dipraktikan secara efektif, pendelegasian tanggung jawab kegiatan kepada tenaga ho­norer harus dihindari, efek­tifkan SDM ASN yang ada.

Masih ada tiga praktik penyel­enggaraan pendidikan yang terkoreksi dalam pandangan pengguna kebijakan pendi­dikan di Jawa Barat yang perlu dilaporkan dalam ben­tuk ”citizen report” ini yakni menyangkut recharge dan reposition guru dan tenaga kependidikan lainnya (kepsek, pengawas dan tenaga admi­nistrative); menyusun kem­bali standar tunjanggan ke­sejahteraan pendidikan se­cara adil dan merata; dan terakhir memposisikan nilai-nilai lokal sebagai andalan keunggulan dan pembeda dengan sentuhan ”juara”.

Namun mengingat luasnya pembahasan dalam koneksi­nya dengan aktivitas lainnya, maka ketiga bentuk koreksi ini akan disampaikan sebagai ”continuitas report” berikutnya.

*Kadisdik Jabar 2016-2017

*Pemerhati pendidikan dan pengajar di Program Magister Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Unpas dan Prodi Magister Manaje­men Unwim Bandung

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan