Bebenah Sambut Libur Panjang

SOREANG – Sejumlah objek wisata di kawasan Kabupaten Bandung mulai bebenah. Salah satunya air panas Ciwali­ni di Kecamatan Rancabali.

Manager PT Pusat Kope­rasi Karyawan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII, Dod­dy Rasyidi memprakirakan pada libur panjang lebaran 1439 Hijriah ini pengunjung ke Ciwalini akan membludak. Dikatakan Doddy, prakiraan lonjakan wisatawan pada Hari Raya Lebaran hingga 10 hari setelahnya. Untuk per­siapan menyambut momen itu beberapa pekerjaan tengah dilaksanakan diantaranya perbaikan jalan serta infra­struktur lainnya.

Perbaikan itu dikatakan Doddy yang mewakili Ketua Puskopar, Heri Hermawan, untuk menambah daya tarik objek wisata dan kenyamanan pengunjung. Maka pihaknya melakukan pembenahan objek wisata pemandian air panas Ciwalini.

”PT Puskopar bebenah diri, jalan masuk Ciwalini diperlebar sekitar 10 meter. Kemudian, membuat parkir tambahan dan alur pengunjung masuk dan keluar menjadi satu pintu masuk,” ujarnya kepada wartawan, kemarin (4/6).

Dia mengatakan, pihaknya juga berencana melakukan penataan kawasan objek wi­sata Ciwalini. Diantaranya, melakukan relokasi warung pedagang yang berada di da­lam kolam ke luar. Sebut dia, pihaknya diberikan izin me­manfaatkan lahan seluas 4 ribu meter persegi yang akan digunakan sebagai tempat parkir juga untuk relokasi pedagang.

”Diharapkan saat Hari Raya Idul Fitri semua perubahan sudah diselesaikan. Sehingga saat hari lebaran bisa diguna­kan secara enak,” ungkapnya. Termasuk saat ini masih dila­kukan uji coba e-tiketing.

Menurutnya, relokasi yang dilakukan tidak perlu dikha­watirkan oleh para pedagang. Sebab, direlokasinya tempat berdagang agar bisa lebih maksimal mendapatkan pen­ghasilan yang lebih banyak. “Jangan khawatir para peda­gang sebab relokasi dilakukan untuk meningkatkan penda­patan pedagang,” ungkapnya.

Doddy menambahkan, se­banyak 80 pedagang akan direlokasi ke tempat yang lebih baik. Kemudian, warung yang akan ditempati memi­liki model yang seragam. Se­mentara itu, kendaraan pe­gawai dan pedagang akan diparkirkan di tempat semen­tara yang sudah disiapkan.

Doddy mengatakan selama sepuluh hari libur lebaran sejak hari pertama diperkira­kan kunjungan wisatawan akan membludak. Berdasar­kan pengalaman tahun lalu, mencapai 13 ribu pengunjung dari berbagai wilayah Bandung Raya, Jakarta, Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan