Mendewasakan Masyarakat Melalui Literasi Media

”Media ini bisa menjadi aspek yang positif ketika kita memang menggunakannya untuk kepentingan-kepentingan yang positif,” ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Rosita Niken Widiastuti menuturkan, teknologi digital yang berkembang pesat dirasa membawa dampak perubahan luar biasa bagi bidang komunikasi, ekonomi, sosial maupun politik. Dirinya menilai, perkembangan teknologi informasi tentunya harus membawa manfaat bagi masyarakat.

”Jangan sampai dengan adanya perkembangan teknologi informasi, justru yang diproduksi ini informasi yang negatif,” kata Niken di tempat sama.

Dikatakan dia, adanya kemudahan digital saat ini harus dimanfaatkan semua pihak untuk membuat konten-konten positif dengan kegiatan-kegiatan yang produktif dan membawa optimisme. Pihaknya juga mengajak semua pihak bersama-sama melawan hoax, ujaran kebencian, provokasi maupun konten-konten SARA di media massa.

Menurutnya, Kemkominfo juga telah bekerjasama dengan berbagai organisasi serta lembaga keagamaan seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mengeluarkan muamalah atau hal-hal bermasyarakat terkait tata cara bagaimana memanfaatkan media sosial. Dalam muamalah tersebut, masyarakat mendapat pengetahuan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menggunakan media sosial.

”Sekarang ini literasi media sosial semakin meningkat. Sebab, banyak masyarakat yang merasa terpanggil untuk bersama-sama melakukan literasi media sosial,” tandasnya. (mg1/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan