Jelang Pilkada Siskamling Kembali Digalakan

CICALENGKA – Untuk memberikan rasa aman dan ketertiban menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkda) Kanit Binmas Polsek Cicalengka Iptu Sutarmin mengajurkan kepada warga masyarakat selalu mewaspadai keberadaan lingkungannya.

Kewaspadaan ini perlu ditingkatkan dilingkungan masing-masing. Sebab, menjelang Pilkada intesitas kerawanan keamanan semakin tinggi. Sehingga, perlu antisipasi  untuk kemanana lingkungan.

Peningkatan kewaspadaan ini bisa dilakukan dengan cara menggiatkan kembali Ronda dan Pos Kamling di setiap RT/RW dan Kampung dengan melibatkan warga.

’’ Selain untuk meningkatkan kemanan lingkungan meronda bisa untuk  merekatkan tali silahturahmi,” jelas Sutarmin ketika ditemui kemarin (16/3)

Selain itu, dengan berkembangnya teknologi informasi, perkembangan berbagai isu negatif dikhawatirkan  bisa terjadi konflik. Sebab,  kondisi masyarakat sekarang ini sudah banyak memiliki smarphone. Sehingga, isu negatif yang mengandung Hoax dapat dengan mudah tersebar.

Untuk itu, dalam waktu dekat ini Polsek Cicalengka akan emlakukan langkah awal dengan cara memberikan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat di 12 desa.

’’ Kami baru dua desa yang disosialisasi yaitu Desa Panenjoan dan Desa Tenjolaya,” ungkapnya.

mengaktifkan kembali sistem keamanan keliling (siskamling) di desa. Pasalnya, sistem keamanan ini efektif untuk meminimalisir kejahatan.

“Siskamling di masyarakat harus kembalidi giatkan, akan meminimalisir tindak kejahatan sehingga wilayah kampung atau desa akan menjadi aman,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Panenjoan Asep Suryatna mengatakan, desanya merupakan gerbang masuk Kecamatan Cicalengka dari arah barat. Diakuinya, berdasarkan berbagai informasi dan kejadian terdapat titik rawan di jalan Bypas Cicalengka.

“Masyarakat kita yang berada di jalur jalan by pass Cicalengka sering merasa diresahkan dengan tindakan pelanggaran curas, dan tindak kejahatan lainnya” cetus dia.

Berdasarkan usulan yang dimintai masyarakatnya, kedepan pihaknya akan bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk menggelar patroli keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kita meminta pihak kepolisian untuk lakukan patroli di titik rawan kejahatan dan pelanggaran, salah satunya di kampung panenjoan jalan by pass Cicalengka,” pungkas Asep. (Mg4/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan