Mousse Perancis Hadir di GH Universal

jabarekspres.com – MOUSSE dalam bahasa Perancis berarti busa putih. Makanan ini tak beda dari puding krim yang ringan dan lembut seperti busa. Mousse bertekstur agak kenyal tetapi lembut dan ringan, karena menggunakan putih telur yang dikocok kaku. Ada pula tambahan kuning telur dan susu atau whipped cream.

Di negeri asalnya, mousse kerap dijadikan sebagai makanan penutup alias dessert. Rasanya yang manis, creamy, milky dan lembut di mulut memang cocok untuk penutup makan. Sekilas, kudapan legit ini hampir mirip dengan es krim. Namun, mousse diproses tanpa bahan pengeras, sehingga teksturnya lebih cair dan melted.

Untuk menambah pengalaman pecinta kuliner Bandung, GH Universal Hotel yang terletak di kawasan Setiabudi ini pun menghadirkan mousse.

Di tangan Pastry Chef GH Universal Hotel Chef Anton Kuswendi kudapan manis ini diberi nama mousse licious. dirinya membuat mousse cenderung mudah dan sederhana. Namun soal rasa memang tak sesederhana cara memasaknya.

Mousse pada umumnya terbuat dari cokelat compound, telur, dan whipped cream. Kelezatan dessert ini bersumber dari perpaudan krim dan telur dikocok terpisah sebelum dicampur dengan bahan lain seperti cokelat dan sebagainya.

”Mousse yang lezat pasti menggunakan bahandasar cokelat compund. Komposisi ini biasanya di-steam hingga mencair. Setelah meleh sempurna, baru dicampur dengan krim dan telur yang telah dikocok hingga kaku,” ujar Chef Anton.

Karena sifatnya sangat ringan, mousse juga wajib diberi garnish atau pendamping agar rasanya semakin prima. Mousse umumnya disajikan dengan topping buah-buahan atau cokelat yang dibentuk menjadi lebih stylish.

Agar tak membosankan, Chef Anton juga membuat kreasi mousse menjadi banyak rasa dan warna. Demikian pula dengan topping. Untuk mereka yang gandrung dengan mousse orisinal, dapat menjatuhkan pilihan pada ragam mousse bercita rasa stroberi, cokelat, mocca, green tea hingga orange-vanilla. Sementara untuk permainan topping, Chef Anton choco crunch, chocochips, corn flakes dan potongan buah.

”Bagi mereka yang suka buah-buahan segar, mousse ini juga dikreasikan dengan potongan kecil buah-buahan. Variannya bisa disesuaikan dengan rasa masing-masing. Misalnya untuk strawberry mousse, ada buah strowberi di dalamnya. Ada juga potongan jeruk sunkist untuk rasa jeruk,” urainya. (fik)

Tinggalkan Balasan