oleh

KBB Masih Kekurangan 3500 Guru PNS

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Keberadaan guru berstatus pegawai ne­geri sipil (PNS) di Kabupaten Bandung Barat masih keku­rangan. Saat ini, jumlah guru hanya 6000 orang, sementara idealnya bisa mencapai 9500 orang. Selain akibat morato­rium, kekurangan ribuan guru PNS itu akibat pensiun masal setiap tahun.

Kepala Dinas Pendidikan KBB Imam Santoso didampingi Kabid Pendidik dan Tenaga Ke­pendidikan Hasanudin men­gungkapkan, saat ini jumlah guru PNS di SD dan SMP seki­tar 6000 orang. Mereka tersebar di 703 SD dan 165 SMP.

”Karena masih moratorium maka guru semakin kurang sementara angka pensiun setiap tahun terus terjadi. Rata-rata sekarang satu sekolah paling hanya 10 guru PNS saja,” kata Imam di Ngamprah, kemarin.

Imam menambahkan, keku­rangan guru PNS setiap sekolah saat ini ditangani oleh guru honorer. Jumlah guru honorer sekitar 30% dari total guru di KBB yang mencapai lebih dari 10.000 orang. Menurut Imam, sejauh ini para honorer masih bisa menjalankan tugasnya sebagai pendidik. Apalagi, Pem­kab terus melakukan pembi­naan kepada mereka meskipun belum menjangkau semuanya.

”Harapan kami sebenarnya para honorer ini segera bisa menjadi PNS, sebab ada yang sudah bekerja sampai 10 tahun bahkan lebih. Namun, ini terkendala kebijakan dari pusat,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.