Teken 11 Kerjasama dan 1 Investasi

Sedianya, Raja diagendakan menanam pohon kayu ulin dialaman belakang Istana Bogor. Agenda tersebut akhirnya batal karena hujan tidak kunjung reda. Begitu pula dengan agenda berkeliling halaman istana menggunakan boogie car, batal. Kedua pemimpin berkeliling menggunakan mobil RI 1.

Tiba di halaman belakang, hujan semakin deras. Presiden Jokowi dan Raja Salman turun dari mobil untuk masuk area istana. Keduanya berjalan di karpet merah yang menanjak sejauh 15 meter. meskipun sudah mengenakan payung, tak pelak keduanya tetap basah. Jas Presiden dan jubah raja basah sebagian akibat terkena empasan hujan. Namun, keduanya cuek saja. Jokowi tampak menggamit lengan Raja Salman dan menggandengnya masuk ke Istana untuk berganti pakaian.

Beberapa kejadian mewarnai pertemuan bilateral antara kedua pemerintah. Salah satunya, saat sesi penandatanganan MoU. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, seperti biasa tampil beda. Dia mengenakan kerudung dan rok panjang warna hitam. Namun, rok tersebut ternyata memiliki belahan di bagian belakang. Alhasil, ketika melangkah menuju meja penadatanganan, tampaklah betis mantan pengusaha perikanan itu.

Susi tampak kikuk dengan sesi tandatangan itu. belum juga dokumen dipertukarkan, dia sudah berdiri dari kursinya. Pihak protokoler pun mengingatkan bahwa sesi tanda tangan belum selesai. Setelah tanda tangan selesai, dia bergegas menyalami menteri Saudi dan kembali ke kursinya. Presiden Jokowi pun tersenyum melihat tindakan Susi.

Tidak itu saja, Jokowi juga membuat momen makan siang kenegaraan menjadi  lebih cair. Dia membuat sebuah video blog (vlog) dengan melibatkan Raja Salman yang dduk di sebelahnya. Dalam video berdurasi 2 menit 26 detik itu, dia menunjukkan aktivitas makan siangnya bersama Raja Salman. Dia juga sempat mengambil gambar Raja saat sedang menyuapkan sayuran ke mulutnya.

Dalam video itu, Jokowi mengatakan kalau kunjungan Raja Salman merupakan balasan atas kunjungan dia dua tahun silam ke Saudi. ’’Saat itu saya menyampaikan undangan agar beliau bisa berkunjung ke Indonesia,’’ ujarnya. Dia berharap kunjungan tersebut bida meningkatkan hubungan baik antara kerajaan Saudi dengan Indonesia.

Raja Salman juga ikut berkomentar dalam video itu. Dia mengungkapkan kegembiraannya bisa berada di Indonesia, dan bertemu dengan masyarakat Indonesia serta Presiden Jokowi. ’’Bagi kami, rakyat Indonesia adalah merupakan saudara kami, dan juga merupakan rakyat yang sangat mulia,’’ ucapnya.  (byu/dee/ken/idr/bil/mia/rie)

Tinggalkan Balasan