Melihat Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI

Indonesia mengirimkan ribuan personel pasukan perdamaian PBB yang bertugas di berbagai negara. Sebelum berangkat, mereka ditempa di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI.

ANDRA NUR OKTAVIANI, Bogor

A Marzuki Dan PMPP Brigjen
A Marzuki

Dan PMPP Brigjen

DENGAN luas lebih dari 260 hektare, PPMP TNI yang berlokasi di Sentul, Bogor, Jawa Barat, diklaim sebagai yang terbesar di Asia. Tak hanya luas, tapi juga memiliki fasilitas lengkap dengan standar internasional.

Ada auditorium, sport center, dan ruang kelas dengan beragam ukuran. Juga, mes tamu dan prajurit, barak, tempat latihan, lapangan tembak, hingga desa simulasi. Dengan fasilitas selengkap itu, tidak heran jika PMPP TNI menjadi jujukan pasukan perdamaian dari berbagai negara untuk dijadikan tempat latihan. Setiap bulan ada saja pasukan dari luar negeri yang datang untuk mengikuti latihan bersama.

”Menteri pertahanan Fiji, Jepang, dan Swedia sudah berkunjung ke sini. Mereka ingin berlatih. Dari Uni Eropa juga punya rencana untuk datang ke sini,” kata Komandan PPMP TNI Brigjen Achmad Marzuki.

PMPP TNI setiap tahun rutin menggelar latihan gabungan yang diikuti 23 negara. Mereka juga melakukan pertukaran instruktur. Hal tersebut membuktikan bahwa pasukan perdamaian Indonesia cukup dipandang di luar negeri.

”Sayangnya, di sini belum terlalu terdengar. Alhamdulillah, ada film Pasukan Garuda: I Leave My Heart in Lebanon. Setidaknya masyarakat jadi lebih tahu tentang pasukan perdamaian ini,” kata pria kelahiran Bandung 49 tahun lalu itu.

PMPP TNI tidak memberikan pelatihan dasar-dasar militer. Mereka hanya menerima prajurit dengan kemampuan dasar militer yang mumpuni. Lalu memberikan pelatihan mendalam tentang misi yang akan mereka hadapi di luar negeri. Di antaranya berupa CPTM (core pre-deployment training materials), CPDT (core pre deployment training), materi teknis, materi pendukung, dan materi aplikasi.

Semua materi yang diberikan kepada para prajurit merupakan bekal persiapan yang dirancang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan SOP (standard operating procedure) dan ROE (rules of engagement) di daerah misi serta sejalan dengan tuntutan operasi penugasan.

Tinggalkan Balasan