Cimahi Terpilih Menjadi Kota Sadar Wisata dan Cipta Pesona

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Kementrian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia memilih Kota Cimahi sebagai salah satu dari 90 kota/kabupaten yang mendapat jatah untuk menggelar ’Sadar Wisata dan Cipta Pesona 2016’. Sadar wisata dan cipta pesona yang diinisasi oleh Kemenpar tersebut digelar di Alun-alun Kota Cimahi, Jalan Amir Machmud, kemarin (9/9).

Lebih dari 300 berbagai unsur masyarakat hadir dalam acara tersebut, termasuk Wali Kota Cimahi, Atty Suharti beserta Wakilnya, Sudiarto serta jajaran SKPD di lingkungan Pemkot Cimahi. ”Allhamdulilah Cimahi terpilih. Tentunya ini memberikan motivasi bagi Cimahi untuk menciptakan pariwisata,” ujar Wali Kota Cimahi, Atty Suharti, Jumat (9/9).

Dengan adanya gerakan sadar wisata dan cipta pesona ini, kata Atty diharapkan mampu menciptakan kota yang nyaman dan bersih. Sehingga, para wisatawan yang datang ke Kota Cimahi bisa merasakan suasana seperti berada di rumah sendiri. ”Jadi, kita sebagai tuan rumah yang baik bagi para pendatang harus menjadikan kota kita ini menjadi kota yang bersih, sehat, tertib, aman dan sebaginya,” imbuhnya.

Dikatakan Atty, dengan keterbatasan Sumber Daya Alam (SDA), Kota Cimahi akan memaksimalkan potensi wisata lain, seperti wisata kuliner dan sejarah.”Kita istilahnya menciptakan apa yang ada di dalam Kota Cimahi seperti bagaimana kita bisa mencitpakan kuliner,” katanya.

Kasubit Kemitraan Usaha Pariwisata Kemenpar RI, Widayanti Bandia menambahkan, Kemenpar sengaja memasukan Kota Cimahi dalam 90 kabupaten/kota untuk menggelar gerakan sadar wisata dan cipta pesona. Sebab menurutnya, meski dengan SDA yang terbatas, namun masih banyak potensi wisata yang bisa dijadikan ikon wisata Kota Cimahi. ”Kita sudah melaksanakan di 60 kabupaten/kota dari 90 kab/kota dan ternyata Cimahi terpilih,” terangnya.

Menurutnya, potensi wisata yang bisa dimunculkan dan dikembangkan di Kota Cimahi yakni wisata kuliner dan juga wisata bersejarah. ”Apapun bisa diberdayakan, sebagai kota wisata kuliner, heritage kita banyak,” katanya. ”Kita mencoba bagaimana sih mengatasi pariwisata itu tidak hanya sumber daya alam saja, tetapi kita mengembangkan potensi yang ada di Kota Cimahi,” tambahnya.

Di Jawa Barat, ada delapan kabupaten/kota yang mendapatkan kesempatan untuk menggelar sadar wisata dan cipta pesona, diantaranya Subang, Sumedang, Garut, Bandung Barat, Bogor, Pangandaran, Ciamis dan Cimahi. (bun/asp)

Tinggalkan Balasan