Jangan Berisik di Sex and the City

Kalau mau jalan kaki sedikit lagi, sebenarnya ada satu lagi bangunan yang banyak dipakai di serial komedi lain. Tapi dari generasi yang jauh lebih tua. Yaitu rumah keluarga Dr. Huxstable di The Cosby Show. Tak sampai sepuluh menit jalan kaki menuju St. Lukes Place nomor 10.

***

Lokasi serial TV yang satu ini merupakan impian lama untuk dikunjungi penulis. Sebagai penggemar sitkom Seinfeld, ingin rasanya pergi ke Monk’s Diner, tempat Jerry Seinfeld, George Costanza, Cosmo Kramer, dan Elaine Benes sering makan dan ngobrol kocak.

Restoran yang dimaksud itu nama sebenarnya bukan “Monk”, melainkan “Tom’s Restaurant”. Letaknya di kawasan Morningside Heights, dekat Columbia University. Agak naik ke atas di pulau Manhattan, di sisi barat Central Park.

Cukup naik subway, turun di Broadway dan 110th Street, lalu jalan kaki ke utara dua blok.

Restoran makanan “tradisional” Amerika ini buka dari jam 6 pagi sampai 1.30 dini hari. Pada Kamis, Jumat, dan Sabtu, buka 24 jam.

Apa isinya? Sebenarnya tidak istimewa. Makanannya pun tidak istimewa. Satu-satunya menu yang mengacu ke serial TV adalah “Big Salad”. Lainnya “normal” seperti burger, omelet, sup, dan lain-lain.

Di bagian dalam, memang ada beberapa memorabilia Seinfeld. Dan di kasir menjual suvenir yang mengacu ke sitkom itu. Seperti t-shirt, magnet, kartu pos, dan piring.

Apakah Seinfeld benar-benar makan di situ? “Ya, ketika dia masih miskin dulu”, celetuk seorang pelayan.

Sang kasir, minta disebut dengan nama John, mengaku kali terakhir Jerry Seinfeld makan di sana adalah tahun lalu. Waktu itu, dia melakukan syuting iklan di Tom’s Restaurant.

Sebenarnya, kalau rajin, masih ada banyak lokasi yang kondang karena film. Sebelum meninggalkan New York, ada satu lagi tempat yang kami kunjungi. Yaitu kafe es krim Serendipity 3, di kawasan Upper East Side. Kafe ini sering digunakan untuk syuting. Paling kondang lewat film komedi romantis Serendipity 2001, dibintangi Kate Beckinsale dan John Cusack.

Es krim di sana memang istimewa. Dan kalau mau, ada es krim khusus yang disuguhkan dengan aksesori emas, harganya USD 1.000 atau sekitar Rp 15 juta per porsi! Ada pula burger seharga USD 285 atau hampir Rp 4 juta. Keduanya tercatat di Guinness World Record! (*/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan