Beli Pesawat Uzur, 7 Bulan Sudah Jatuh

[tie_list type=”minus”]Pesawat Tempur F-16 Gagal Landas[/tie_list]

JAKARTA – Kecelakaan pesawat tempur yang diduga terjadi karena faktor usia kembali terjadi. Kemarin (16/4) pesawat tempur F-16 C/D 15ID produksi 1980 atau 35 tahun yang lalu gagal terbang dan hangus terbakar di Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma.
Pesawat hasil hibah Amerika yang datang di Indonesia pada September 2014 tersebut dipastikan gagal terbang karena adanya percikan api dari mesin pesawat.
Sesuai kronologi TNI AU, rencananya satu pesawat termpur F 16 itu akan tinggal landas bersama dua pesawat F 16 lainnya di Lanud Hali Perdana Kusuma. Ketiga pesawat itu rencananya untuk memeriahkan pembaretan Presiden Jokowi.
Namun, saat take-off belum sampai ketinggian jelajah atau sekitar 10 ribu kaki, ternyata malfunction warning light atau lampu peringatan pesawat yang dikendarai Letkol Penerbang Firman menyala.
Akhirnya, Firman memutuskan membatalkan penerbangan saat kecepatan take-off. Dia berupaya untuk mengerem laju pesawat namun ternyata tidak maksimal. Akhirnya, Firman membelokkan pesawat ke arah landasan. Sayangnya, justru terjadi percikan api di mesin dan pesawat akhirnya terbakar.
Pantauan Jawa Pos (induk Bandung Ekspres) di Lanud Halim Perdana Kusuma, sekitar pukul 11.00 penjagaan di akses menuju landasan dijaga ketat petugas TNI AU. Namun, dari kejauhan tampak tiga mobil pemadam kebakaran berada di sisi bangkai pesawat tersebut. Api sudah tidak terlihat dari pesawat tersebut, tapi tampak bahwa bekas rembetan api hampir mengenai seluruh bodi pesawat.
Saat itu, ada puluhan petugas yang tampak berada di sekitar pesawat. Tidak berapa lama, terdapat alat pengangkut pesawat berukuran besar yang mencoba mengangkat bodi pesawat buatan Amerika tersebut. setelah lebih dari satu jam, bodi pesawat itu bisa ditaruh di sebuah truk trailer dan akhirnya dipindahkan.
Menurut salah seorang warga yang rumahnya hanya berjarak dua meter dari landasan Halim Perdana Kusuma, sekitar pukul 09.00 ada tiga pesawat yang terbang. Salah satunya, yang baru saja tinggal landas ternyata langsung kembali. ’’Tapi, tampak ada asap di belakang pesawat,’’ ujar perempuan yang tidak ingin menyebut namanya tersebut.

Tinggalkan Balasan