Nasabah Bank Samici Meningkat

Gunakan ATM untuk Transaksi Penjualan

CIMAHI – Direktur Bank Sampah Induk Cimahi (Samici) Warso Wijaya mengatakan, saat ini para nasabahnya bisa menggunakan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) untuk mempermudah dalam melakukan transaksi uang hasil penjualan sampah. Dengan demikian, mereka pun tidak perlu repot lagi datang ke bank untuk mengambil tabungannya.

”Dengan ATM ini akan mempermudah nasabah mengambil uang yang ada di rekening tabungannya,” ungkap Warso saat ditemui di Bank Samici Jalan KH. Usman Domiri Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, kemarin (8/3).

Dia menuturkan, kartu ATM Bank Samici ini merupakan yang pertama di Indonesia. Bagi warga Cimahi yang ingin membuatnya, bisa langsung datang ke lokasi.

”Saat ini nasabah Bank Sampah sudah mencapai 312 orang. Tapi kita akan seleksi dulu siapa saja yang berhak mendapatkan ATM, kita akan lihat dulu rutinitas menabung sampahnya. Bagi mereka yang memiliki rekening lebih dari Rp 100 ribu akan kita buatkan ATM,” bebernya.

Dia menyebutkan, ada 70 jenis sampah yang bisa dijual di bank ini. Untuk harga, tergantung dari jenis sampahnya. ”Dari 70 jenis ini kita klasifikasikan menjadi 4 kelompok. Yakni, kertas, plasik, jenis logam, dan kaca. Harganya juga bervariasi, tergantung jenisnya. Kita juga menerima ban bekas dan barang elektronik seperti kulkas, mesin cuci dan AC,” katanya.

Bank Samici sendiri diresmikan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cimahi pada Oktober 2014 lalu. Maksud dari keberadaan Bank Sampah ini agar warga mau memilih sampah berdasarkan jenisnya. Selain itu, keberadaannya pun dikelola menggunakan sistem seperti perbankan. Selanjutnya, sampah yang dipilah akan dibeli para pengepul barang rongsokan secara selektif.

Layaknya perbankan pada umumnya, warga yang menyetorkan sampah akan mendapatkan buku rekening sampah yang telah disetorkannya baik atas nama individu maupun kelompok.

”Dengan adanya ATM ini, maka nasabah tinggal bertransaksi dan menarik uang tabungannya dimanapun dan kapanpun waktunya tanpa harus datang ke kantor Bank Samici,” katanya.

Menurut Warso, saat ini total saldo yang ada di Bank Samici sudah mencapai Rp 19 juta, itu semua dari jumlah nasabah sebanyak 312 orang. ”Jika ada yang akan jadi nasabah Bank Samici caranya tidak sulit, nasabah tinggal datang ke bank sampah dengan membawa sampah yang akan ditabung, tapi sampahnya telah terpilah jenisnya, dan berat minimalnya 1 kg,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan