Polisi Belum Tahu Kapan Kebijakan Penutupan Jalan Berakhir

BANDUNG – Masih banyaknya warga berkerumun dibeberapa titik jalan dan keramaian dengan tidak memerhatikan protokol kesehatan, seolah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sudah berakhir, memaksa Pemerintah Kota Bandung bersama pihak kepolisian memberlakukan jadwal buka tutup sejumlah ruas jalan.

Kebijakan buka tutup tersebut diberlakukan mulai pukul 21.00 hingga 06.00 WIB. Sementara ruas jalan yang ditutup meliputi di Jalan Oto Iskandar Dinata (Otista), Jalan Braga, Jalan Merdeka, Jalan Asia Afrika-Tamblong, Jalan Banceuy-ABC, Jalan Lembong-Tamblong, Jalan Merdeka, Jalan Ir.H. Djuanda (Dago), Jalan Purnawarman, Jalan Diponegoro, dan sejumlah titik jalan di Lingkar Selatan.

Salah satu ruas jalan yang juga ditutup ialah kawasan lingkar selatan. Jalan di lingkar selatan yang ditutup yakni di seputaran Jalan BKR, Jalan Pelajar Pejuang 45, Jalan Laswi, Jalan Kopo, terutama yang mengarah ke pusat Kota Bandung.

Kepala Satuan Lalu-lintas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo menegaskan, penutupan sejumlah ruas jalan tersebut tidak akan dihentikan dalam waktu dekat. Pihaknya akan terus melakukan penutupan jalan di Kota Bandung hingga masyarakat sadar betapa bahayanya Covid-19.

Hal tersebut Bayu katakan mengingat adanya fenomena masyarakat lupa akan keberadaan Covid-19 saat Kota Bandung memasuki fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

”Dari hasil evaluasi patroli belakangan ini, masyarakat seolah lupa bahwa Covid-19 ini masih ada,” tegasnya, beberapa waktu lalu.

Untuk itu, Bayu mengaku, pihaknya akan terus melakuan penutupan jalan dan pembubaran terhadap kerumunan warga pada pukul 21.00 hingga 06.00 WIB. Pasalnya hingga saat ini, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung masih mendapati warga yang berkerumun di sejumlah titik dan tidak mematuhi protokol kesehatan, khususnya pada malam hari.

”Sampai kapan penutupan jalan ini dilakukan? Kita kembalikan lagi kepada masyarakat. Kita utamakan kepentingan kesehatan masyarakat. Sehingga kita menutup beberapa jalan untuk membatasi aktivitas masyarakat. Untuk itu masyarakat harus juga mementingkan kesehatan bersama,” imbuh Bayu.

Seperti diberitakan, pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), sejumlah ruas jalan di Kota Bandung yang dikategorikan sebagai ring satu diberlakukan penutupan. Penutupan jalan ini dilakukan setiap malam hari mulai pukul 21.00 WIB, hingga pukul 06.00 WIB di keesokan harinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan