Polrestabes Bandung Lakukan Penghijauan Tanam 1500 Pohon

JABAR EKSPRES- Pada tanggal 23 Agustus 2023, Polrestabes Bandung melakukan sebuah kegiatan penting yakni penanaman pohon, dengan tujuan mendorong penghijauan dan kesadaran akan perlunya menjaga lingkungan.

Kegiatan penanaman pohon ini dijalankan di lokasi taman olahraga Jabar, Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat. Kegiatan tersebut juga turut melibatkan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bandung serta partisipasi masyarakat setempat.

BACA JUGA : Posyandu Cempaka Kelurahan Cibeber Sabet Juara Dua Tingkat Provinsi

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Budi Sartono, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari inisiatif serentak yang dicanangkan oleh Mabes Polri dalam program penghijauan nasional.

Kegiatan serupa dilakukan oleh seluruh Polda dan Polres di seluruh Indonesia, dipimpin oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, yang saat itu berada di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Dalam acara tersebut, Polrestabes Bandung beserta jajaran polsek berhasil menanam lebih dari seribu pohon. Budi menjelaskan, “Kami melaksanakan penanaman pohon di kantor Polrestabes dan polsek dengan total lebih dari 1.500 pohon yang ditanam.”

Lebih lanjut, Budi juga menjelaskan bahwa jenis pohon yang ditanam kali ini adalah pohon produktif. Hal ini bertujuan agar pohon-pohon tersebut dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat setempat. Menurut petunjuk dari Plh Wali Kota Bandung, pohon-pohon seperti mangga dan asam jawa dipilih karena memiliki potensi untuk dimanfaatkan oleh warga.

BACA JUGA : Polemik Watertank PDAM Tirta Asasta Depok Jadi Sorotan Anggota DPR RI

Pentingnya kegiatan ini tidak hanya terkait dengan penghijauan semata, tetapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat secara keseluruhan. Penghijauan dapat membantu mengatasi masalah lingkungan seperti degradasi tanah dan perubahan iklim, sementara pohon-pohon produktif dapat memberikan manfaat ekonomi dan gizi kepada warga.

Melalui kolaborasi antara pihak kepolisian, pemerintah daerah, dan masyarakat, upaya untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup dapat tercapai dengan lebih baik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan