BOPI Ancam Cabut Izin Liga 1

JAKARTA – Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) mengancam akan mencabut izin penyelenggaraan Liga 1 2020. Ancaman itu dilakukan apabila PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi tak mematuhi arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait upaya pencegahan virus Corona.

Presiden Jokowi sebelumnya memberikan sejumlah arahan kepada seluruh warga Indonesia terkait pencegahan wabah virus Corona di Istana Bogor, Minggu (15/3). Salah satu arahan itu yakni menunda kegiatan-kegiatan yang melibatkan peserta banyak orang.

Untuk menindaklanjuti arahan tersebut, BOPI menerbitkan surat imbauan kepada seluruh industri olahraga di Tanah Air, Senin (16/3) kemarin. Dengan tegas, BOPI mengingatkan seluruh penyelenggara kompetisi olahraga, termasuk PT LIB, mematuhi arahan pemerintah pusat apabila izinnya tak ingin dicabut.

”BOPI akan menarik kembali surat rekomendasi penyelenggaraan event olahraga profesional yang telah diterbitkan jika pihak penyelenggara tak mematuhi arahan pemerintah terkait pencegahan wabah virus Corona,” tulis BOPI dalam rilis yang diterima FIN, Selasa (17/3).

Dengan adanya surat edaran tersebut, maka keberlangsungan Liga 1 dan Liga 2 2020 terancam dihentikan atau dibatalkan apabila pihak operator melanggarnya.

Kendati demikian, BOPI tetap memberikan beberapa opsi lain agar PT LIB bisa kembali menggulirkan kompetisi musim ini. Opsi itu ialah memantau perkembangan virus Cofid-19 serta berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

”Memantau terus perkembangan penyebaran Covid-19 dengan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI, Pemerintah Daerah serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, pada saatnya nanti berencana memulai kembali aktivitas event olahraga profesional,” lanjut BOPI dalam surat edarannya.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriwan secara resmi menghentikan kompetisi Liga 1 Indonesia mulai Senin, (16/3/2020) keputusan tersebut akibat merebaknya virus Corona yang dikhawatirkan berdampak buruk terhadap olahraga di Tanah Air.

Iwan Bule sapaan akrab Ketua Umum PSSI menjelaskan, setelah menggelar rapat dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di sela-sela pembukaann Liga 2 Indonesia beberapa waktu lalu. Dalam rapat tersebut diputuskan, pertandingan Liga 1 Indonesia musim 2020 dihentikan dan perhelatan Liga 2 yang baru dimulai pada Sabtu (14/03) kemarin juga terpaksa mengalami penundaan yang sama. Artinya, pertandingan Liga 1 maupun Liga 2 pada Minggu (15/03) menjadi laga terakhir.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan