Persib Akhirnya Menyerah, Robert Sepakat Liga 1 2020 Dihentikan

BANDUNG – Bagi Robert, sudah tidak masuk akal untuk melanjutkan kompetisi musim 2020 setelah sepakbola terhenti hampir sepuluh bulan.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) ingin melanjutkan kompetisi musim 2020 pada Februari mendatang, dengan mengubah tajuk menjadi 2020/21, dan direncanakan selesai pada Juli 2021.

Rencana tersebut sejatinya masih seperti awan, karena tidak juga ada informasi lebih lanjut mengenai kepastian, sehingga klub pun digantung dan merasa putus harapan bahwa kompetisi bisa dijalankan.

Penyebabnya adalah izin dari kepolisian yang sampai saat ini belum didapatkan oleh PSSI atau pun LIB. Perizinan menjadi hal penting, dan mereka tidak mau kepolisian hanya sekadar oke melalui lisan.

Kondisi pandemi virus corona di Indonesia yang belum terkendali membuat semua merasa pesimistis. Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, sudah telanjur kecewa dan berpikir lebih baik musim 2020 ditiadakan.

“Tidak ada waktu mempersiapkan tim demi menuntaskan kompetisi 2020 setelah sepuluh bulan terhenti, dan saat liga nanti dimulai lagi artinya sudah sebelas bulan (kompetisi berhent),” ujar Robert dilansir dari goal.com.

“Jadi pesan saya adalah berhenti memikirkan kompetisi 2020 bagaimana pun posisi di klasemen, hentikan itu berdasarkan peraturan dan fokus menghadapi liga baru musim 2021,” tegas pelatih berkebangsaan Belanda tersebut.

Sejatinya Persib mengoleksi poin sempurna ketika kompetisi musim 2020 belum dihentikan. Sembilan poin dari tiga pertandingan dikemas klub berjuluk Maung Bandung, yang membuat mereka menduduki pucuk klasemen.

Dari awalnya Persib berharap musim 2020 bisa dilanjutkan, namun keinginan tersebut luntur dan rasa antusias Robert sudah memudar untuk berpikir melanjutkan perjuangan musim 2020 yang hingga kini masih abu-abu.

“Saya menyatakan dengan jelas bahwa kami tidak memainkan liga untuk musim 2020 lagi, jika sampai saat ini tidak kunjung ada klarifikasi soal itu,” tutup mantan pelatih PSM Makassar yang pernah membawa Arema juara Liga Indonesia itu.

PSSI dan LIB pun mulai membuka kemungkinan musim 2020 ditiadakan karena kondisinya masih tidak karuan. PSSI akan membahas masalah ini melalui rapat Komite Eksekutif (Exco) pekan ini, dan segera memberikan kepastian. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan