KPU Cek Boks Surat Suara Pemilu

SOREANG – Untuk memastikan tidak ada kesalahan lipatan pada kartu suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung melakukan pengecekan boks kartu suara Pemilu.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya mengataka, dirinya bersama Bawaslu dan Kapolres Bandung melakukan pengecekan boks yang berisi kartu suara pemilu. Hal itu, dilakukan sebagai persiapan menejelang pelaksanaan Sortir dan Lipat (Sorlip) kartu suara yang akan dilaksanakan serentak pada sabut (2/3/2019) mendatang.

”Sebelum pelaksanaan Sorlip, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Mulai penyususnan SOP, rapat koordinasi. Termasukan acara pengecekan untuk memastikan ketepatan isi boks surat suara,” jelas Agus saat ditemui di gudang logistik KPU Kabupaten Bandung kemarin, (27/2).

Menurutnya, pengecekan boks yang berisi kartu suara dilakukan KPU yang didampingi Bawaslu dan Kapolres Bandung. Hal itu dilakukan sesuai dengan SOP dan aturan dalam tahan yang dipersiapkan jelak pelaksanaan pemilu 17 april mendatang.

“Untuk memastikan tidak ada kesalah pada lipatan kartu suara, sehingga pada pelaksanaan Sorlip nanti tidak ada kendala,” kata Agus

Dia menjelaskan memasuki akhir Februari, baru ada tiga jenis surat suara yang telah datang dan disimpan di gudang logistic KPU Kabupaten Bandung. Untuk menyimpan logistik pemilu, pihaknya sudah mempersiapkan tiga gudang.

”dari lima jenis baru tiga jenis yang sudah dikirim dan disimpan di gudang logistik KPU. Pertama dikirim pada selasa (22/2) dan kiriman yang kedua pada kamis, (21/2) lalu,” jelasnya.

Dia menelaskan, kartu suara yang belum di kirim tinggal 2 jenis surat suara, Pertama untuk kebutuhan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

“Surat suara yang sudah masuk ke gudang KPU pertama untuk Pemilu 2019 DPRD tingkat Kabupaten Bandung, kemudian untuk DPRD Provinsi, dan DPR RI. Yang belum surat suara Pilpres dan DPD RI,” jelasnya.

Lebih lanjut agus menjelaskan, sesuai dengan catatannya, total surat suara yang telah tersimpan di gudang logistik, diantaranya untuk DPRD Kabupaten sebanyak 2.414.875 lembar, DPRD Provinsi 2.408.873 lembar, dan DPR RI sebanyak 2.408.873 lembar.

”Menurut informasi rencana pengiriman surat suara Pilpres dan DPD RI akan datang akhir Maret. kepastiannya akan kami pantau terus antara tanggal 25 atau 27,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan