Bawaslu Kota Bandung Mulai Awasi Gudang Logistik Pemilu

BANDUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandung mulai melakukan pengawasan gudang logistik pemilu 2024 di setiap kecamatan.

Koordinator Devisi (Kordiv) Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kota Bandung Bayu Muhammad mengatakan, logistik pemilu meliputi kotak suara, bilik suara, tinta, segel dan kertas suara.

Nantinya kata dia, logistik pemilu tersebut bakal disimpan di gudang masing-masing kecamatan.

“Harus dipastikan keamanannya oleh Panwascam. Kita perlu menegaskan pada jajaran kami di tingkat kecamatan, untuk melakukan pengawasan melekat di masing-masing gudang,” ujar Bayu usai rapat koordinasi bersama Panwascam se-Kota Bandung di Arion Suits Hotel Bandung Jalan Otto Iskandar Dinata, Kota Bandung, Senin 28 Januari 2024.

Lebih jauh Bayu mengungkapkan, logistik pemilu saat ini baru bilik suara yang telah disimpan di gudang masing-masing kecamatan. Sementara surat suara masih menunggu pemindahan dari gudang KPU Kota Bandung ke gudang kecamatan.

“Pendistribusian surat suara bisa H-3. Mengacu pada peraturan, masih bisa dilakukan H-1. Tapi terlalu mepet. KPU bisa mendistribusikan lebih cepat, lebih baik. Soalnya kalau serentak mendistribusikannya, agak sedikir repot dalam melakukan pengawasan,” ucapnya.

Dikatakan Bayu, distribusi surat suara Pemilu 2024 dijadwalkan pada 3-11 Februari mendatang, untuk 30 kecamatan dengan total 151 kelurahan. Di mana Kota Bandung sendiri memiliki jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.872.381 jiwa.

Mengenai kebutuhan logistik Pemilu 2024 di Kota Bandung, Bayu melanjutkan, di antaranya kotak suara sebanyak 37.180 unit, bilik suara 29.696 unit, tinta 14.848 dus dan segel 713.190 buah. “Itu semua sudah 100 persen masuk ke gudang logistik,” terangnya.

Sedangkan ligistik pemilu berupa surat suara, kata Bayu, baik pemilihan presiden dan wakil, DPD RI, DPRD tingkat provinsi, DPRD kabupaten/kota, masing-masing sebanyak 1.913.569 lembar. Angka tersebut juga sudah termasuk cadangan sebanyak seribu lembar.

“Untuk jumlah surat suara rusak masih dalam tahap perekapan data,” terangnya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono, memastikan aman ketersediaan logistik Pemilu 2024 di Kota Bandung.

Kebutuhan logistik pemilu kata Bambang, telah sesuai. Mulai dari surat suara, bilik suara hingga para Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang berjumlah 51.968 dan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.872.381.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan