Jabar Bergerak Resmi Dikukuhkan

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengu­kuhkan pengurus dan ang­gota Perkumpulan Jabar Ber­gerak. Gubernur menandainya dengan menyematkan nama secara simbolis, di Gedung Negara Pakuan, Senin (18/2).

Emil, panggilan akrabnya, menyadari Jabar Bergerak dapat meringankan tugas pemerintahan yang berat. Untuk itu, dibutuhkan du­kungan elemen non pemerin­tah untuk bergerak bersama menuju Jawa Barat Juara Lahir Batin dengan skema Penta­helix (Academia, Business, Comunity, Goverment dan Media).

“Jabar Bergerak ini sifatnya mandiri, tidak akan mengu­rusi/mengakses dana-dana dari Pemprov karena dalam komunitasnya mereka punya sponsor-sponsor sendiri.

Jadi ini seperti Jabar Quick Respon tapi versi ‘masyara­katnya’, yang dimana me­reka merasa bahagia kalau bisa menolong,” katanya.

Menurutnya, salah satu masalah terbesar Jawa Barat adalah melayani jumlah penduduk yang besar, teru­tama pada era reformasi yang telah membawa Indonesia menjadi lebih terbuka dan demokratis. Maka itu, pe­merintah dituntut untuk bisa melakukan pelayanan publik yang lebih cepat dan baik terutama dalam penanganan bencana.

“Kemarin mereka juga membantu di Palu, di Lom­bok. Jadi mereka rutin membantu bila ada ben­cana. Karena bencana ini rutin di Jawa Barat, jadi bisa difokuskan kepada mereka pada saat biro­krasi di pemerintahan ter­lalu panjang urusannya,” tutup Emil.

Perkumpulan ini dipimpin langsung oleh Atalia Pra­ratya Kamil sebagai Ketua Umum dan dibantu Tatan Ahmad Santana sebagai Ketua Harian.

Tatan mengatakan, Jabar Bergerak merupakan komu­nitas yang dibentuk atas dasar kepedulian masyara­kat dalam membangun Jawa Barat. Komponen yang ada dalam tubuh Jabar Ber­gerak terdiri dari unsur komunitas, aktivis, praktis, pengusaha, akademisi, hingga unsur kerelawanan yang mencintai dan men­dukung terwujudnya Jabar Juara Lahir Batin.

“Jabar Bergerak ini sebe­tulnya inisiator utamanya Ibu Atalia, beliau melihat begitu banyak komunitas-komunitas kebaikan yang kalau tidak diwadahi kan sayang. Oleh karena itu kita wadahi semua itu untuk berkolaborasi, bersinergi dengan Pak Ridwan Kamil dan Pak Uu untuk membangun Jawa Barat yang lebih baik lagi,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan