Inovasi Harus Dapat Penilaian Terbaik

BANDUNG – DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengapresiasi terhadap penyelenggaraan penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2019.

Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi mengatakan, keberhasilan pembangunan merupakan harus ada kerjasama dari seluruh stakeholder untuk mewujudkan provinsi Jabar juara lahir dan batin.

Dia menilai, penghargaan bukan untuk mengejar pencitraan belaka. Sebab, dalam penilaian akan sangat subjektif. Namun, keberhasilan harus betul-betul hasil karya bersama.

’’Implementasi pembangunan itu apa yang kita cita-citakan bersama,”jelas Ineu ketika ditemui di gedung Bappeda Forum Diskusi Grup (FGD) dalan acara penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah. Rabu (12/2).

Ineu memaparkan, Jabar harus menjadi provinsi terdepan dengan menunjukan bahwa perencanaan pembangunan memiliki implementasi yang bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Jabar. Bahkan, pelaksanaan pembangunan di Kabupaten/Kota merupakan bagian yang tidak terpisahkan.

Selain itu, integrasi, sinkronisasi dan sinergi perencanaan antara provinsi dan kabupaten/kota serta koordinasi termasuk pemerintah pusat diharapkan selalu konsisten dengan kebijakan serta peraturan perundang-undangan.

Kendati begitu, Ineu menghargai bahwa penghargaan Pembangunan daerah adalah bentuk apresiasi atas kerja keras daerah dalam merencanakan dan mencapai target pembangunan. Sehingga, penghargaan ini harus bisa mendorong setiap perangkat daerah provinsi dan kabupaten/kota untuk sebaik mungkin menyiapkan dokumen pembangunan secara konsisten dan komprehensif terukur.

’’Pembangunan juga harus dilakukan secara efektif dan efisien dan mampu berinovasi dalam perencanaan dan pelaksanaan,”cetus Ineu.

Dia menekankan, dalam pembangunan yang harus menjadi fokus utama adalah bagaimana meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan PDRB perkapita, menurunkan tingkat pengangguran terbuka, tingkat kemiskinan dan meningkatkan indeks pembangunan manusia, indikator ketimpangan, rasio gini serta indeks ketimpangan wilayah.

Untuk itu, DPRD Provinsi Jabar sebagai unsur penyelenggara pemerintah sesuai tugas dan fungsinya akan senantiasa memberikan dukungan dan dorongan dalam pembangunan di Jawa Barat untuk menciptakan harminisasi hubungan lebih baik.

’’Keharmonisan ini berbuah pada diraihnya sejumlah penghargaan serta terciptanya kondisi masyarakat yang kondusif serta terselenggaranya program-program pembangunan yang sudah menjadi komitmen bersama,”kata Ineu.

Ineu menambahkan, adanya kekurangan dan kinerja yang tidak mencapai target tentunya tidak menjadikan upaya kita ini sia-sia tapi melainkan sebuah proses yang ke depannya harus diperbaiki dan dievaluasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan