Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan Berlangsung MeriahMendikbud

KEMENTRIAN  Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar ”Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan (Gebyar Dikbud)” di empat kota/kabupaten di Jawa Barat, 22—23 Maret 2019. Pada 22 Maret 2019, pelaksanaan Gebyar dilaksanakan di Gor Cisaat Kab. Sukabumi dan Taman Alun-alun Kabupaten Cianjur. Sementara itu, pada 23 Maret 2019 pelaksanaan Gebyar dilaksanakan di SOR Arcamanik Kota Bandung dan Pendopo Bupati Kabupaten Garut. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, secara maraton akan menghadiri langsung tempat pelaksanaan Gebyar Dikbud di Jawa Barat.

Pelaksanaan Gebyar Dikbud di Kabupaten Sukabumi dan Cianjur yang berlangsung Jumat (22 Maret 2019) dikunjungi oleh ribuan masyarakat. Di Kabupaten Cianjur misalnya, ribuan pengunjung yang berasal dari siswa, guru, dan masyarakat Kabupaten Cianjur hadir di Alun-alun Cianjur. Pelaksanaan Gebyar Dikbud yang bertema ”Ngaos-Mamaos-Maenpo” tersebut berlangsung sangat meriah. Gebyar Dikbud di Taman Alun-alun Cianjur di antaranya dimeriahkan dengan Pentas Seni Mamaos, Rampak Maenpo (Silat Masal), Stan Pameran Pendidikan, Bazar Makanan Tradisional, Tampilan Seni Angklung, Kaulinan Barudak (seribu siswa), Tampilan Seni (siswa TK, PAUD, SD, dan SMP), dan Tampilan Seni Siswa SLB.

Gebyar Dikbud di Jawa Barat bertujuan untuk menyosialisasikan capaian dan perkembangan pendidikan di Jawa Barat kepada masyarakat. Mendikbud pada Gebyar Dikbud di Cianjur mengatakan bahwa dana pendidikan yang dialokasikan pemerintah pusat kepada setiap daerah otonom (provinsi/kabupaten/kota), baik berupa dana alokasi umum (DAU) maupun dana alokasi khusus (DAK) sangat besar. “Di Cianjur dan Sukabumi misalnya, DAU dan DAK lebih dari 500 miliar, bahkan hampir mendekati satu triliun. Itu semua untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita”, kata Muhadjir.

Kegiatan Gebyar Dikbud di Jawa Barat melibatkan beberapa instansi yang berada di bawah naungan Kemendikbud, seperti Dirjen PAUD Dikmas, Dirjen Bahasa, Dirjen Kebudayaan, Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota, Balai Bahasa, Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) IPA, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), dan TK-PLB.

Balai Bahasa Jabar, sebagai salah satu instansi UPT Badan Bahasa, Kemendikbud, turut serta dalam memeriahkan Gebyar Dikbud di Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Garut, dan Kota Bandung. Balai Bahasa Jabar membuka stan pameran di empat kota tempat pelaksanaan Gebyar Dikbud. Dalam stan tersebut, Balai Bahasa Jabar selain memamerkan kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan, juga menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan terkait pembinaan, pengembangan, dan pengkajian kebahasaan dan kesastraan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan