Banjar Miliki Potensi

BANJAR – Kota Banjar hari ini genap berusia 16 tahun. Sejak menjadi kota otonom pada 21 Februari 2003 silam, kota berpenduduk hampir 200 ribu jiwa ini, mengalami pe­ningkatan baik dari infrastruk­tur maupun kesejahteraan masyarakat. Bahkan Banjar adalah satu-satunya daerah di Jawa Barat yang mendapat­kan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) delapan kali berturut-turut.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menilai, ma­syarakat Banjar telah mera­sakan perubahan yang berar­ti buah kerja keras kepemim­pinan Wali Kota dan jajaran­nya. Sebagai pimpinan di Jawa Barat, Uu mengatakan turut bangga memiliki Kota Banjar dengan segudang pen­ghargaannya.

“Banjar ini semakin hebat terbukti banyak sekali peng­hargaan yang sudah diterima terutama dalam mengelola anggaran sudah 8 kali WTP berturut-turut ini luar biasa belum ada di daerah lain. Saya kira masyarakat juga merasa­kannya,” kata Uu usai men­ghadiri peringatan HUT ke-16 Kota Banjar di Lapangan Bhakti Banjar, Rabu (20/2).

Disisi lain, menurut Uu, ma­sih banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk men­dongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD), salah satunya dari sektor pariwisata. Uu berharap, tidak hanya jadi perlintasan pariwisata ke arah Pangandaran saja, tetapi Banjar harus bisa mengangkat po­tensi tujuan pariwisata alam maupun budaya.

“Potensi wisata harus dit­ingkatkan termasuk infrastruk­tur wisatanya. Walaupun ada Pangandaran, Banjar pun jangan ketinggalan. Banjar jangan hanya jadi perlintasan saja,” harap Uu.

Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih, menuturkan, masih ada PR pembangunan yang masih belum terealisasi. Di periode kedua kepemimpi­nannya ini, Ade mengajak seluruh pihak termasuk ma­syarakat bersama bahu-mem­bahu dan berkolaborasi mewu­judkan visi misi kota Banjar.

“Masih banyak PR ke depan mudah-mudahan dengan kesatuan mari kita lanjutkan bersama pembangunan Banjar. Ini perjode kedua saya dalam upaya meningkatkan kesejah­teraan masyarakat,” katanya.

Tahun 2019 merupakan ta­hun transisi beralihnya masa berlaku Rencana Pembangu­nan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Banjar 2014-2019. Ade mengatakan, arah kebi­jakan Pemkot Banjar tahun 2019 mengacu pada dokumen Rencana Pembangunan Jang­ka Panjang Daerah (RPJPD) Banjar tahun 2005-2025.

Tinggalkan Balasan