Pertaruhan Pembalap Memilih Ban

MotoGP Motegi Digelar Pekan Ini

272
motogp
PENGARUH BAN : Balapan MotoGP di Sirkuit Motegi Jepang akan kembali digelar di akhir pekan ini. Pembalap harus pintar dalam pemilihan ban lantaran sirkuit yang memiliki tikungan tajam cukup banyak.

JEPANG – Produsen ban ternama, Michelin terus bekerja keras menciptakan produk terbaik untuk digunakan para pembalap MotoGP. Berkaca dari beberapa keluhan yang diterima, Michelin terus berupaya agar kinerja ban yang mereka ciptakan bisa sesuai keinginan terlebih saat menghadapi balapan sulit di Sirkuit Motegi, Jepang, akhir pekan ini.

Tidak seperti lintasan lainnya, Sirkuit Motegi merupakan salah satu lintasan dengan karakter sulit dalam seri MotoGP. Sirkuit tersebut terkenal dengan banyaknya tikungan yang mengharuskan para pembalap melakukan handbrake.

Alhasil pengereman menjadi poin yang sangat krusial dalam balapan kali ini. Hal tersebut juga berdampak pada ban karena menampung beban saat melakukan handbrake.

ads

Melihat kesulitan lintasan yang ditawarkan Sirkuit Motegi, maka tentunya para pembalap harus pintar dalam mengatur strategi pemilihan ban. Sebab jika salah, justru akan berdampak pada performa mereka nantinya.

Jelang lomba, Michelin telah menyiapkan tiga jenis ban depan yang memiliki kompon berbeda, yakni soft, medium, dan hard. Ketiga jenis ban itu dapat dipilih tergantung kemauan dari sang pembalap.

Kompon soft memiliki keunggulan material yang lebih lunak, alhasil daya cengkram ban menjadi lebih baik. Namun konsekuensinya umur ban tidak dapat bertahan lama. Sementara kompon medium memiliki usia pakai yang lebih lama dibandingkan soft, namun daya cengkram (grip) ban tidak sebagus kompon soft.

Sedangkan kompon hard berbanding terbalik 180 derajat dari kompon soft, dimana memiliki daya tahan yang paling lama. Tetapi sayangnya daya cengkram tidak sebagus kompon soft.

Suhu lintasan juga turut berpengaruh dalam penentuan ban yang akan dipakai. Jika lintasan dalam keadaan suhu tinggi, maka banyak pembalap yang akan memakai ban berkompon hard karena memiliki durabilitas bagus dan mendapat cengkraman dari panas lintasan. Sebaliknya mereka akan menghindari ban berkompon soft karena akan cepat habis akibat traksi yang terjadi antara panas permukaan lintasan dengan material ban yang lembut.

Tetapi jika suhu cenderung menurun, maka pembalap akan memilih ban berkompon soft. Sebab tipe ini dapat mencengkram lintasan lebih baik karena dapat menyimpan panas yang diperoleh melalui warm up lap. Namun mereka akan menghindari kompon hard karena cengkraman yang dihasilkan tidak besar. Pasalnya material tebalnya tidak dapat menjaga panas dalam waktu yang lama akibat suhu lintasan yang menurun.

Sementara untuk ban belakang, Michelin akan menggunakan ban yang memiliki alur asimetris. Dalam hal ini jenis kompon yang terdapat pada ban belakang sama seperti ban depan. Perbedaannya terletak di sisi kanan ban dimana pada bagian itu menggunakan karet keras.

Hal tersebut dilakukan agar ban dapat awet melahap lintasan yang banyak melakukan hardbreaking. Terlebih lagi Sirkuit Motegi memiliki tikungan kanan yang lebih banyak, alhasil beban sisi kanan ban akan lebih besar.

“Motegi merupakan sirkuit yang memiliki banyak sisi untuk melakukan pengereman keras. Jadi pembalap menuntut stabilitas dari ban depan. Mereka juga membutuhkan ban belakang untuk menurunkan tenaga ketika mereka membutuhkan,” ujar Piero Taramasso selaku Manager Michelin untuk kejuaraan roda dua sebagaimana dikutip Motogp.com

Tidak hanya itu saja, Michelin juga telah menyediakan ban khusus untuk lintasan basah, mengingat musim kemarin Sirkuit Motegi terus diguyur hujan. Ban tersebut tersedia dalam dua jenis kompon, yakni soft dan medium.

“Tahun kemarin hujan turun selama satu minggu. Meskipun kami tidak mau hal tersebut terjadi lagi, namun Michelin harus memikirkan langkah panjang menghadapi lintasan basah,” jelasnya.

Kombinasi dari suhu, cuaca dan bentuk lintasan tersebut yang kerap membuat seluruh tim kewalahan menjinakkan Sirkuit Motegi. Alhasil pemilihan ban menjadi salah satu faktor dalam menentukan keberhasilan di seri tersebut. (mat/JPC)

~ads~

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.