Torehan Gemilang: Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 setelah Drama Adu Penalti

JABAR EKSPRES – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan kebanggaan yang tak terhingga atas prestasi luar biasa Timnas dalam lolos ke semifinal setelah menaklukkan tim tangguh Korea Selatan dalam drama adu penalti, dengan skor akhir 11-10.

Menurutnya, pencapaian ini menegaskan posisi Timnas sebagai pelopor baru dalam sejarah sepakbola Indonesia, membawa kehormatan bagi negara. Keberhasilan ini, terutama dengan perjuangan melalui waktu tambahan dan adu penalti, menandai momen epik bagi sepakbola Indonesia.

“Alhamdulillah. Saya bersyukur kepada Yang Kuasa, dan rasa bangga kepada para pemain, pelatih, official, serta seluruh timnas yang bermain sangat luar biasa dan terus menciptakan sejarah bagi sepakbola Indonesia. Generasi emas pesepakbola muda ini telah berjuang dengan semangat tinggi, mental baja, dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Terima kasih,” ujar Erick Thohir dilansir dari laman resmi PSSI.

BACA JUGA: Shin Jae-won, Putra Shin Tae-yong, Dukung Timnas Indonesia U-23 dalam Perempat Final Piala Asia

Dia juga menyanjung semangat dan keteguhan mental para pemain muda ini yang telah memberikan segalanya untuk negara. Kemenangan tersebut bukan hanya prestasi baru bagi Indonesia, tetapi juga membuka peluang baru untuk mencapai Olimpiade Paris 2024.

Timnas Indonesia tampil dengan penuh konsentrasi sejak awal pertandingan meskipun sempat terkejut dengan gol dari Korea Selatan pada menit kesembilan. Namun, gol tersebut dianulir setelah intervensi VAR menunjukkan offside pemain Korea Selatan.

Gol pertama Indonesia dicetak oleh Rafael Struick pada menit ke-15 dengan tendangan akurat dari luar kotak penalti. Struick kemudian mencetak gol kedua pada menit ke-45+3, mengembalikan keunggulan setelah gol bunuh diri dari Komang Teguh yang menyamakan kedudukan pada menit ke-45.

Meskipun Korea Selatan berhasil menyamakan kedudukan pada babak kedua setelah Lee dikartu merah, Erick memuji keteguhan dan semangat tinggi para pemain dalam meraih kemenangan tersebut.

BACA JUGA: Shin Tae-Yong Resmi Perpanjang Kontrak Melatih Timnas Indonesia Hingga 2027

“Di olahraga, ada yang namanya momentum. Dan saya lihat, sejak penyisihan grup, lalu di perempat final, momentum itu milik kita. Kini Timnas bisa melangkah ke semifinal, sangat logis jika target berikutnya final. Yang pasti, kami di PSSI, seluruh pemain dan ofisial, terus mengharapkan doa dan dukungan dari seluruh rakyat dan pecinta sepakbola nasional,” tambah Erick.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan