Gores Sejarah di Austin, Maverick Vinales Rider Pertama Menangi MotoGP Pakai 3 Motor Berbeda

Jabar Ekspres – Pembalap Maverick Vinales berhasil jadi rider pertama yang cetak Sejarah menang balapan MOTOGP dengan memakai tiga pabrikan MotoGP yakni Suzuki, Yamaha dan Aprilia.

Sejarah kemenangan tercipta di MotoGP Amerika Serikat yang berlangsung di Circuit of the Americas (COTA) pada Senin (15/4/2024) dini hari WIB.

“Akhir pekan ini tim kami mengambil langkah besar ke depan. Kami mendapatkan kecepatan kami kembali dan kami menunjukkan bahwa motor RS-GP24 bisa menang,” kata Vinales dikutip dari laman Aprilia Racing melalui Antara.

Maverick Vinales adalah pencetak rekor ke-5. Sebelumnya, hanya ada empat pembalap yang mendahuluinya.

BACA JUGA: 2.086 Hektare Tanah IKN Masih Bermasalah, ini Kata AHY

Randy Mamola yang menang 5 kali dengan Suzuki, menang 4 kali dengan Honda, dan menang 4 kali dengan Yamaha. Lalu, ada Mike Hailwood menang 1 kali dengan Norton, menang 28 kali dengan MV Agusta, dan 8 kali menang dengan Honda. Sementara itu, Eddie Lawson menang bersama Yamaha sebanyak 26 kali, dengan Honda sebanyak 4 kali, dan dengan Cagiva sebanyak 1 kali. Terakhir, ada Loris Capirossi yang menang 1 kali dengan Yamaha dan Honda serta menang 7 kali dengan Ducati.

Namun Vinales jadi pembalap pertama yang menang dengan tiga merek motor berbeda jika dihitung sejak era MotoGP pada 2002 silam, Ini merupakan pencapaian prestisius bagi seorang pembalap. Pasalnya, pembalap sekaliber Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang sangat legendaris pun tak mampu meraihnya.

Vinales menunjukan penampilan yang gemilang bersama Aprilia, sebelumnya Vinales pernah meraih kemenangan di MotoGP Inggris 2016 bersama Suzuki Ecstar. Lalu rider yang baru saja cetak rekor ini pindah ke Monster Energy Yamaha pada tahun 2017 dan langsung meraih kemenangan pertama pada balapan yang berlangsung di Qatar. Pada pertengahan 2021, Vinales pindah ke Aprilia dan berhasil meraih kemenangan pada musim ini di Austin.

BACA JUGA: Miliki Kekuatan Besar, Menlu Retno Minta AS Bantu Redakan Konflik Iran-Israel

Kemenangan ini menjadi bukti pembalap kelahiran 1996 sudah berkerja keras untuk menjadi pemenang pada balapan tersebut, terbukti yang mempunyai julukan Top Gun ini sudah berhasil mencetak Sejarah di Austin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan