Penataan Ciburuy Terkendala Aset

NGAMPRAH – Penataan Situ Ciburuy di Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat masih terkenda soal kepemilikan aset Pemprov Jawa Barat. Akibatnya, Pemkab Bandung Barat tidak bisa berbuat banyak untuk menata area wisata lebih berkembang. Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Desa Ciburuy, Yadi Hendradi membenarkan, bila penataan Situ Ciburuy terkenda kepemilikan aset.

“Ini kan aset provinsi sehingga ketika pemkab ingin membenahi memang harus koordinasi dengan provinsi. Padahal, kalau kita lihat potensi Ciburuy ini bisa besar. Contoh saja, Situ Umar di Lembang bisa maju bahkan ramai dikunjungi yang sekarang kita kenal dengan Floating Market,” ujar Yadi ditemui di Padalarang, Selasa (14/8).

Dia berharap, bila pemerintah provinsi dan daerah bisa duduk bersama serta mengajak masyarakat sekitar untuk menata Situ Ciburuy, maka akan jauh lebih baik. “Justru kalau objek wisata ini serius ditata dengan baik bisa memberikan dampak ekonomi bagi warga sekitar. Yang penting ditata dulu agar nantinya pengunjung bisa datang ke sini. Sekarang untuk hari libur saja yang datang paling sekitar 200 orang,” sebutnya.

Menurut dia, lokasi Situ Ciburuy juga dipandang cukup strategis. Berada di pinggir jalan nasional dengan akses keluar dari Tol Padalarang serta bisa datang dari arah Cianjur. “Tinggal nanti di Ciburuy ini bisa dibuat untuk area olahraga, wisata, kuliner dan lainnya. Termasuk penataan kebersihan harus ditata agar tidak kumuh,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, sejak musim kemarau, kondisi air di Situ Ciburuy mengalami penyusutan. Objek wisata ini kerap dijadikan tempat untuk berlibur, tempat mencari ikan hingga berlatih dayung para atlet. Pantauan di lokasi, permukaan air semakin turun disertai dengan banyaknya tumpukan sampah. Sejumlah warga di sana juga tampak mencari ikan menggunakan perahu.

Sementara itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat optimis di tahun ini akan ada investor yang berminat terhadap pengelolaan Situ Ciburuy. Menurut Sekretaris Disparbud Kabupaten Bandung Barat, Cucu Hertika meyakini, Situ Ciburuy bakal diminati para investor agar lebih berkembang dan maju.

“Sebab potensi Ciburuy itu sangat baik sehingga bisa menarik investor. Apalagi, lokasinya berada di tengah kota dengan aksebilitas yang cukup baik dan mudah terjangkau. Bahkan, bila pengunjung keluar dari tol Padalarang hanya sekitar 15 menit sudah bisa sampai ke Situ Ciburuy. Sebetulnya, selama ini sudah ada investor yang maju, tapi banyak yang gagal lagi,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan