Telan Anggaran Rp 34.7 Miliar Revitalisasi Situ Ciburuy Meleset dari Target, DPRD Jabar Minta Harus Segera Selesai!

BANDUNG BARAT – Proyek revitalisasi Situ Ciburuy yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) sejauh ini sudah hampir selesai.

Meski begitu, target penyelesaian Revitalisasi Situ Ciburuy seharusnya selesai pada akhir tahun 2021 belum juga rampung 100 persen dan tinggal tahap finishing.

Berdarsarkan informasi dari halaman LPSE Jabar, proyek revitalisasi Situ Ciburuy memiliki nilai kontrak Rp 29,4 miliar. Untuk menejemen kontruksinya tahap 2 sendiri ditetapkan sebesar Rp 1,3 miliar yang dianggarkan tahun 2021. Sedangkan menejemen konstruksi yang dianggarkan tahun 2020 sebesar Rp 1,3 miliar.

Pada 2019, penataan situ ini juga pernah dilelang dengan jenis pekerjaan Penataan dan Revitalisasi yang dianggarkan Rp 2,7 miliar.

Dengan begitu total keseluruhan anggaran yang telah digelontorkan untuk penataan Situ Ciburuy sebesar Rp 34,7 miliar lebih.

Menanggapi hal ini, Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat lakukan kunjungan lapangan ke lokasi Revitalisasi Situ Ciburuy Kabupaten Bandung Barat, Rabu (5/1).

Kunjungan lapangan tersebut dilakukan dalam rangka melihat secara langsung progres pembangunan revitalisasi Situ Ciburuy.

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Tetep Abdulatip mengatakan, proses revitalisasi Situ Ciburuy saat ini kontruksi utama telah selesai dibangun sehingga tinggal menyisakan proses finishing.

Meski demikian, Tetep menyebut untuk selanjutnya akan ada pengawasan lebih lanjut karena pembayaran telah diselesaikan seluruhnya atau sudah 100%.

“Alhamdulillah komisi empat bisa melihat langsung program penataan revitalisasisitu ciburuy yang kontruksi utamanya sudah selesai, jadi memang tinggal finishingnya saja,’’kata Tetep dalam keterangannya, Rabu, (5/1)

Tetep meminta, proyek revitalisasi Situ Ciburut harus terus diawasi. Sebab, untuk pembayaranya sudah 100 persen.

‘’Pembayarannya sudah dilakukan dan kita lihat ada hal yang perlu terkait dengan revitalisasi ini ” ujar Tetep.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, proyek ini sebetulnya sangat baik untuk menunjang peningkatan perekonomian masyarakat di sektor pariwisata.

Sejauh ini, pemerintah provinsi telah turut berkontribusi dalam upaya penataan Situ Ciburuy yang menjadi salah satu dari sekian banyak potensi pariwisata di Jawa Barat yang dibenahi.

Namun disisi lain pihaknya memberikan catatan, yaitu mengenai target waktu yang diberikan untuk proses finishing.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan