Diduga Tak Bisa Berenang, Bocah SD Tenggelam di Situ Ciburuy

JABAR EKSPRES – Seorang siswa SD berinisial F (9 tahun) dilaporkan meninggal di perairan Situ Ciburuy, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jumat 17 November 2023.

Korban tersebut diketahui warga Kampung Sukamulya, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang.

Peristiwa itu terjadi saat korban bermain di perairan Situ Ciburuy berasama 5 orang teman-temannya. Mereka berenang di area perbatasan Kampung Ciburuy dan Kampung Sirnasari.

“Kejadian sekitar pukul 13.30 WIB, sekitar 5 sampai 6 orang anak kecil berenang di area yang memang sepi dan jarang terpantau,” ungkap Kepala Desa Ciburuy, Firmansyah saat dihubungi pada Jumat 17 November 2023.

Baca juga: Bupati Bogor Revisi Perbup Jam Operasional Truk Tambang, Minta Petugas Awasi 24 Jam

Korban diduga tidak bisa berenang saat berada di perairan yang dalam. Sehingga tenggelam dan tidak bisa menyelamatkan diri.

“Tadi dievakuasi oleh teman-teman atlet dayung yang kebetulan berada di sekitar lokasi. Saat dievakuasi bocah tersebut sudah tidak sadarkan diri,” papar Firmansyah.

Debit air Situ Ciburuy saat ini, menurut Firmansyah tidak terlalu dalam. Hanya saja area di lokasi tersebut terbilang tidak aman untuk digunakan sebagai ruang bermain atau sekadar berenang anak.

“Debit air sekarang memang rendah, cuman memang dalam bagi anak-anak. Dalamnya kurang lebih hanya 1,5 meter. Namun di dasar ada lumpur yang tebal. Jadi memang bukan untuk berenang apalagi anak-anak,” tutur Firmansyah.

Setelah dievakuasi, korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Cahya Kawaluyaan (RSCK), Kota Baru Parahyangan untuk mendapat pertolongan medis.

“Namun nyawanya tidak sempat tertolong sehingga korban dibawa ke rumah duka di Desa Padalarang,” tandasnya. (Wit)

Baca juga: Gelar Aksi Bela Palestina, 5.000 Orang Padati Masjid Al Fathu Soreang Kabupaten Bandung

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan