18

Kahatek Peduli, PMI Berhasil Kumpulkan 357 Kantong Darah

Engkos Koswara/Sumedang Ekspres
DI CEK: Para pedonor saat melakukan cek kesehatan.

SUMEDANG – PT Kahatek dalam kegiatan Kahatek Peduli berhasil mengumpulkan sebanyak 375 kantong darah dari 480 pedonor. Menurut ketua panitia yang juga Compliace Manager Kahatek, Tamami S.Pd, kegiatan itu merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility perusahaanya, sebagai bukti tanggunggjawab sosial perusahaan yang berada di wilayah Sumedang.

“Donor darah ini sebagai ajang melatih dan membina karyawan-karyawati dalam meningkatkan jiwa kemanusiaan dan jiwa tolong menolong terhadap sesama karena setetes darah yang di sumbangkan sangat berarti bagi orang yang membutuhkan,” ujarnya, Jumat (21/12/2018).

Menurutnya, pada periode pertama kegiatan yang dilaksanakan pada Agustus tahun ini PMI hanya menyediakan 150 bag (kantong darah). Persediaan bag tersebut semuanya terisi bahkan masih kurang karena minat dari pada peserta donor masih banyak.

“Peserta calon pendonor banyak yang tidak terlayani karena persediaan kantong darah terbatas hanya 150,” sambungnya

Untuk itu panitia kembali menyelenggarakan kegitan yang sama, selama dua hari berturut-turut dengan target pendonor sebanyak 400 orang. Pada hari kedua calon pendonor yang mendaftar mencapai 480 orang dengan total kantong darah yang berhasil terkumpul sebanyak 357 kantong darah.

Petugas PMI Kabupaten Sumedang, Ipan mengatakan dalam donor darah ada syarat yang harus dipenuhi seorang pendonor yakni memiliki berat badan minimal 50 kg, tensi minimal 110/80 dan maksimal 150/100, kemudian untuk HB minimal 12,5 gram% dan maksimal 15 gram %.

“Calon pendonor sebelum mendonor pertama harus mengisi formulir terlebih dahulu, dalam formulir ada isian berat badan, tinggi badan, riwayat penyakit yang pernah di derita, dll ”, jelasnya.

Pihaknya sangat mengapresiasi terhadap PT Kahatek selaku penyelenggara dengan sistematis yang sangat bagus. Sebab, baru kali ini perusahaan di wilayah Sumedang mengadakan kegiatan donor darah dengan hasil yang luar biasa dan bisa di katakan pemecah rekor pendonor darah terbanyak di Kabupaten Sumedang.

“Untuk mengimbangi pendonor yang banyak kami menurunkan petugas sebanyak 15 orang dan 14 bed (ranjang) dalam sekali periode pengambilan,”jelasnya.

Manager Umum dan Humas PT Kahatek, Luddy Sutedja, menambahkan perusahaan berkomitmen melaksanakan kegiatan CSR donor darah ini secara rutin setiap tiga bulan sekali. “Kegitan donor darah ini di dukung oleh semua level manajement PT Kahatek,”pungkasnya. (kos)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.