Hasil Rekapitulasi KPU Oded-Yana Unggul

BANDUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung akhirnya menetapkan pasangan calo Wali Kota Oded M. Danial dan Yana Mulyana sebagai pemenang pada rekapitulasi perhitungan suara dalam Pilwakot Kota Bandung.

Pada hasil rekapitulasi perolehan pasangan Oded-Yana memperoleh 634.682 suara. Jumlah tersebut hampir menyentuh setengah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Bandung yang memberikan hak suaranya mencapai 1.305.872.

Sementara pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna dan Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat berada jauh di bawah Oded-Yana dengan perolehan masing-masing 330.730 dan 301.418 suara.

“Kami sudah menetapkan hasil suara untuk selanjutnya menjadi dasar menetapkan calon terpilih,” ujar Ketua KPU Kota Bandung, Rifqi Alimubarok usai rapat pleno rekapitulasi suara di Hotel Papandayan, Bandung, Jumat (6/7/).

Sebelum menetapkan calon terpilih, KPU akan menunggu dan memberi waktu selama tiga hari bagi pasangan calon lain yang akan mengajukan sengketa. Apabila sampai tiga hari ke depan tak ada ajuan sengketa, maka penetapan akan dilakukan pada 8 Juli 2018.

“Kalau ada yang sengketa kami tunggu hasil di MK selama 30 hari. Kalau tidak ada, 8 Juli 2018 tinggal ditetapkan pemenangnya,” ujar Rifqi.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Serentak tingkat Kota Bandung ini telah ditetapkan dan ditandatangani oleh jajaran KPU Kota Bandung dan sejumlah saksi yang hadir.

Angka partisipasi meningkat

Rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Serentak tingkat Kota Bandung mencatat sebanyak 1.266.830 sebagai suara sah dan 39.042 sebagai suara tidak sah, dengan total suara sebanyak 1.305.872.

Rifqi menyebut, jumlah total suara yang didapat menggambarkan tingkat partisipasi pemilih yang meningkat. Pada tahun ini, tingkat partisipasi Pilkada Serentak di Kota Bandung mencapai 78,12 persem atau meningkat dari tahun 2013 yang tercatat hanya sebesar 60,47 persen.

“Jumlah DPT Kota Bandung 1,6 juta dan yang menggunakan hak pilih sekitar 1,3 juta. Berarti yang tidak menggunakan hak pilih sekitar 300.000-an,” pungkas Rifqi. (yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan