Jumlah Surat Suara Pemilu Rusak, KPU Kota Bandung: Data Belum Final

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Ketersediaan surat suara Pemilu 2024 yang rusak, hingga saat ini masih dilakukan pendataan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung menyampaikan, mayoritas kondisi yang rusak ialah bernoda dan robek.

Kasubag Keuangan Umum dan Logistik KPU Kota Bandung, Dewi Rahayu mengaku, pihaknya masih mencocokkan data surat suara Pemilu 2024 yang rusak dan masih dalam kondisi baik.

“Pasti ada yg rusak. Rusaknya itu kan bisa sobek dan ada noda. Datanya sih masih ada di operator,” kata Dewi kepada wartawan di Bandung, Selasa 16 Januari 2024.

“Belum final betul datanya. Kami masih mengklopkan data. Data terakhir, kami mau fiksasi,” tambahnya.

BACA JUGA: 2 Hari Jelang Sorlip Berakhir, Ini Tanggapan Pj Wali Kota Bandung

Dirinya menjelaskan, temuan itu diketahui saat pelaksanaan sortir dan lipat (sorlip) Pemilu 2024 dalam kegiatan yang dilaksanakan sampai Kamis, 18 Januari mendatang.

Kendati demikian, Dewi menuturkan, apabila pelaksanaan sorlip Pemilu 2024 sudah hampir mencapai 100 persen. “Pokoknya yang terlipat sudah 95 persen sudah terlipat,” tuturnya.

“Rusak itu kebanyakan karena ada rusak, robek dan noda. Kertas kusut juga kami anggap rusak,” sambung Dewi.

Perihal jenis surat suara yang selesai disorlip, dia menyebutkan sudah ada lima jenis surat. Saat ini, tinggal pelaksanaan sorlip surat suara Pemilu Presiden Wakil Presiden (PPWP).

“Adapun yang sudah selesai, surat suara DPD, DPR RI, DPRD Provinsi (Jawa Barat) sama sekarang sedang berlangsung PPWP,” pungkasnya.

BACA JUGA: Sorlip 5 Jenis Surat Suara Pemilu di KBB Rampung

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan