Hari Pertama KPU Masih Sepi Peminat

NGAMPRAH – Kondisi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) di Jalan Raya Purwakarta di hari pertama pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat pada Pilkada Serentak 2018 Senin (8/1/18) masih terlihat sepi.

Sejumlah kursi yang digelar di ruang pendaftaran, maupun di halaman sekretariat masih tampak lengang. Hanya beberapa orang petugas keamanan dari Polres Cimahi dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) KBB yang bertugas melakukan pengamanan di sekitar itu.

“Di hari pertama pendaftaran belum ada pemberitahuan secara resmi dari partai yang mau daftar atau tidak. Kita sudah melakukan konfirmasi ke partai masing-masing tapi belum ada informasi lebih lanjut,” ujar Ketua KPU KBB Iing Nurdin kepada wartwan kemarin (8/1)

Iing menyebutkan, untuk tahapan pendaftaran dimulai 8 Januari 2018 mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan penutupan Rabu (10/1) hingga pukul 24.00 WIB. Kemungkinan para partai akan mengambil pendaftaran tersebut pada hari terakhirnya.

Beberapa partai seperti Demokrat menyatakan secara lisan pendaftarannya akan digelar Rabu mendatang. Begitu juga dengan Golkar juga menyatakan kesiapannya Rabu. “Setelah dihubungi ke masing-masing partai yang akan mendaftar kemungkinan Rabu untuk pendaftarannya,” paparnya.

Iing menegaskan, sesuai tata tertib (tatib) KPU bahwa pemberitahuan dari partai seharusnya sehari sebelum pendaftaran. Karena KPU harus mempersiapkan segala sesuatunya. “Kita bicara pada kehadiran orang. Pastinya kalau banyak orang, potensi gesekan-gesekanpun bisa terjadi. Makanya saya harapkan pemberitahuan pendaftaran kita terima sehari sebelumnya,” tuturnya.

Terpisah, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bandung Barat, Iwan Setiawan memastikan, bahwa dirinya bersama partai koalisi yakni PKS, Nasdem dan PAN akan mendaftarkan Aa Umbara Sutisna dan Hengky Kurniawan pada Rabu mendatang sekitar pukul 10.00 WIB.

“Kita dari partai koalisi berencana akan mendaftar ke KPU pada Rabu mendatang,” pungkasnya. (drx/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan