5 Jenis Logistik Pemilu 2024 Telah Diterima KPU KBB

JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bandung Barat (KPU KBB) menerima pengiriman sisa logistik surat suara Pemilu 2024 sebanyak 2.692.492 lembar pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Ketua KPU KBB, Ripqi Ahmad Sulaeman mengatakan, sisa pengiriman logistik yang diterima KPU KBB. Artinya, 5 jenis surat suara untuk kebutuhan Pemilu 2024, 100 persen sudah diterima.

“3 jenis surat suara kita terima pada tanggal 8 Desember 2023, kemudian kemarin 2 surat suara kita terima kembali. Artinya ini sudah 100 persen,” katanya saat dihubungi, Minggu (17/12/2023).

Ia menjelaskan, dari jumlah surat suara yang diterima sebanyak 2.692.492 lembar dengan rincian 1.346.246 lembar surat suara DPR RI dan 1.346.246 lembar surat suara DPRD Provinsi.

Sebelumya, KPU KBB telah menerima kiriman sebanyak 4.038.738 lembar tiga jenis surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD, dan DPRD.

“Logistik dua jenis surat suara ini dikirim dari daerah Nganjuk, Jawa Timur sehingga memerlukan waktu cukup lama,” bebernya.

BACA JUGA: Warga Disabilitas dapat Perhatian Khusus di Pemilu 2024

Menurutnya, pengiriman sisa logistik ke KPU KBB sempat terganggu pecah ban dan mobil mogok. Namun, kendala tersebut bisa segera diatasi oleh para petugas yang ikut mengawal sehingga menjadi masalah besar.

“Pengiriman ini dari Jawa Timur, memang tadi ada kendala ban pecah, tapi itu gak jadi masalah karena gak mengganggu logistik,” ucap Ripqi.

Menurutnya, secara keseluruhan KPU telah menerima 90 pengiriman logistik Pemilu Serentak. Pihaknya, tinggal menunggu logistik pendukung seperti sampul, data daftar calon tetap (DCT), dan daftar pemilih tetap (DPT).

“Logistik yang masuk tinggal sampul, DPT, dan DCT. Tapi itu gak jadi masalah tinggal menunggu saja, karena logistik pokok yakni surat suara sudah 100 persen diterima,” jelasnya.

KPU KBB dalam waktu dekat bakal segera melakukan pengolahan dan sortir logistik berupa perangkaian kotak suara dan lipat surat suara. Pihaknya akan lebih dulu berkoordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Barat.

“Setelah seluruh logistik ini diterima, kita akan melakukan pengolahan logistik yakni pelipatan surat suarat dan perangkaian kotak suara. Kita akan koordinasi dengan KPU provinsi untuk rencanakan akhir bulan ini melakukan pelipatan dan perangkaian,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan