Golkar Pastikan Dukung Emil

jabarekspres.com, BANDUNG – Langkah Ridwan Kamil menuju Jabar 1 kian mulus. Sebab, setelah mendapat dukungan resmi dari PPP, Partai Golkar juga akhirnya menyerahkan dukungan kepada Wali Kota Bandung tersebut.

Saat ini, Ridwan Kamil telah memiliki cukup kursi untuk maju sebagai bakal calon Gubernur Jabar. Tiga partai telah mendeklarasikan dukungan untuknya, yakni Partai Nasdem (5 kursi), Partai Kebangkitan Bangsa (7 kursi) dan Partai Persatuan Pembangunan (9 kursi).

Bendahara Umum DPP Partai Golkar Robert J Kardinal mengatakan, partainya akan mengambil keputusan pada pekan ini. ”Mudah-mudahan (dukungan) dalam minggu ini bisa,| ujar Robert, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin (25/10).

Robert menegaskan, Golkar mempertimbangkan elektabilitas bakal calon yang terukur melalui survei. Alasannya, seorang gubernur dipilih oleh rakyat. Sehingga perlu ditanyakan kepada rakyat figur yang mereka kehendaki. ”Kalau memang Ridwan Kamil tertinggi, Golkar bisa mendukung Ridwan Kamil,” kata Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR itu.

Selain Ridwan Kamil, nama kader internal Golkar yang kini menjabat Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi juga muncul sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat.

Robert mengatakan, tak menutup kemungkinan partainya memilih Ridwan Kamil daripada Dedi jika hasil survei menunjukkan perbedaan yang jauh. Indikatornya, selisih hasil survei. ”Kalau bedanya cuma satu-dua persen, kami pilih kader,” kata dia.

Dia menjelaskan pendeklarasian akan dilakukan dalam waktu dekat. Hal itu bergantung pada kesiapan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jabar.

Di sisi lain, soal pengajuan wakil gubernur pendamping Ridwan Kamil dari Golkar, sempat muncul nama Daniel Mutaqien Syafiuddin. Daniel dianggap figur yang cocok untuk mendampingi pria yang akrab disapa Emil tersebut. ”Kita ajukan Daniel. Nanti bergantung Pak Ridwan,” tuturnya.

Untuk diketahui, Daniel adalah putra Irianto MS Syafiuddin (Yance), yang merupakan mantan Bupati Indramayu. Ibunya, Anna Sophana, kini meneruskan jabatan ayahnya sebagai bupati Indramayu. Saat ini Daniel duduk di Komisi V DPR.

Pernyataan Robert ini juga didukung oleh Sekjen PG Idrus Marham. Dia tidak membantah Golkar mendukung Emil. ”Iya benar itu,” kata Idrus singkat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan