Emil Belanja Masalah ke Baleendah

jabarekspres.com, BANDUNG – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mu­lai gencar kunjungan ke ber­bagai daerah di Jawa Barat ini. Kali ini, pria yang akrab disapa Emil itu mengunjungi ke sejumlah tempat yang se­ring terkena banjir di Baleen­dah, Kabupaten Bandung.

Emil mengaku, berkunjung dan berkomunikasi dengan warga Kabupaten Bandung untuk di­jadikan referensi. Jika dirinya terpilih, maka dia berharap memberikan solusi-solusi teknis untuk warga Baleendah.

”Kan saya mah teknokrat, jadi tiap hari belanja masalah, menyelesaikan masalah. Itu cara saya membuat perubahan selesaikan Kota Bandung,” kata Emil saat ditemui di Ba­leendah, kemarin (28/5).

Disinggung soal banjir tahu­nan di Baleendah, dia menga­takan, volume sungai yang ke Citarum itu akan dikurangi, maka di Kota Bandung tahun ini sedang membuat lima lo­kasi pembuatan parkir air. ”Caranya, supaya tidak luber kita parkir dulu (air, Red). Sebab, lahan di Bandung ini tidak ada yang besar. Ada lima lokasi tahun ini (kantung parkir air). Sehingga kalau turun hujan, air diparkir dulu. Apabila Ci­tarumnya menyesuaikan, baru air dilepas,” paparnya.

Emil menjelaskan, Citarum merupakan masalah klasik yang cukup lama. Tapi intinya harus ada kombinasi masalah, solusi, sosial dan engineering. ”Yang dilakukan sekarang cenderung sudah benar, pem­buatan sungai retensi Cieun­teung. Tapi menurut saya tidak akan cukup,” tuturnya.

”Termasuk limbah ini pro­blem lingkungan dan masalah persampahan juga harus di­tegakan,” imbuhnya.

Selain dukungan dari masy­arakat, Emil pun saat ini sedang menunggu kabar yang jelas dari sejumlah partai terkait dukungan-dukungan tersebut. Menurutnya, perhari ini semua parti-partai sudah diajak bi­cara tapi di level pusat, DPP nya antar partai sedang ber­singkronisasi dan komunikasi jadi belum ada kabar.

”Karena posisi saya homeless tidak punya partai jadi tidak bisa mengatur timing atau ritme partai partai. Masalah lobi-lobi di level pusat yang saya tidak begitu paham. In­tinya saya terus berkomuni­kasi, mudah-mudahan ada kabar baik,” tandasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan