“2DM” Bakal Fokus Pemulihan Sungai Citarum Jawa Barat

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi masih enggan berbicara ihwal posisi calon Gubernur atau calon Wakil Gubernur. Ditemui pagi tadi, Jum’at (29/12), di Hotel Aston, Kota Bandung, Dedi lebih memilih fokus berbicara tentang isu lingkungan di Jawa Barat.

Target jangka pendek, diakui Dedi, sudah ia tetapkan bersama pasangannya di Pilgub Jawa Barat mendatang, Deddy Mizwar. Target tersebut berupa pemulihan kondisi Sungai Citarum yang hari ini mendapat gelar ‘Sungai Terkotor di Dunia’. Kata Dedi, kerja tersebut merupakan program prioritas.

“Kita tidak membicarakan posisi cagub atau cawagub. Kita fokus bekerja melakukan pembenahan. Diantaranya, target jangka pendek adalah membersihkan Sungai Citarum,” kata Dedi.

Langkah awal dalam rangka upaya membersihkan sungai terpanjang di Jawa Barat itu sudah dilakukan di Purwakarta. Dalam kapasitas salah satu kader terbaik Nahdhatul Ulama itu sebagai Bupati, Dedi Mulyadi melakukan pembersihan Danau Jatiluhur. Upaya ini tertuang melalui program ‘Zero KJA’ yang sudah dilaksanakan sejak awal Tahun 2017.

‘Zero KJA’ sendiri dilaksanakan atas perintah Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam kunjungannya ke danau buatan terbesar di Indonesia tersebut pada akhir Tahun 2014 silam.

“Kita baru bisa membersihkan Danau Jatiluhur atas kerjasama dengan otoritas setempat. Di Pemprov, nanti kita punya kewenangan langsung. Sungai Citarum menjadi sungai pertama yang kita bersihkan, agar airnya bersih, sesuai dengan karakter orang Sunda,” katanya.

Pola Kerja Berbasis Kultur

Secara teknis, pria yang lekat dengan peci hitam khas Proklamator RI tersebut juga sudah memiliki cara khusus. Ia akan menjadikan masyarakat adat sebagai tenaga terampil untuk membersihkan Sungai Citarum.

“Selama ini normalisasi sungai selalu berbasis proyek. Seharusnya, itu berbasis kultur. Caranya, kita angkat masyarakat adat di sepanjang Sungai Citarum itu sebagai Tenaga Harian Lepas (THL). Mereka digaji oleh Pemprov untuk merawat Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum,” ungkapnya.

Orientasi Wisata Sungai Citarum

Output yang diharapkan dari program ini selain Sungai Citarum bersih adalah geliat Wisata Sungai Citarum. Hal ini secara otomatis akan menciptakan nilai tambah bagi daerah yang dialiri oleh sungai tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan