24

Main Nyaman tanpa Beban

timnas-u19
MAIN TANPA BEBAN: Timnas U-19 akan menjalani laga pamungkas grup B melwan Kamboja. Targetnya, akan meraih tiga poin untuk menjaga klasemen akhir.

bandungekspres.co.id, HANOI – Tuntutan menang dalam tiga laga awal yang tergolong berat memang menjadi beban tersendiri bagi timnas Indonesia U-19 di Piala AFF. Hasilnya, Garuda Jaya –sebutan timnas U-19– kalah beruntun sehingga tereliminasi. Baru pada laga keempat atau saat beban itu tidak ada, timnas U-19 bermain lepas dan meraih kemenangan.

Ya, kemenangan 3-1 atas Laos di Vietnam Youth Football Training Centre, Hanoi, Minggu (18/9) memperlihatkan bagaimana nyamannya permainan Andy Setyo Nugroho dkk. Itu terlihat dari gol-gol Pandi Lestaluhu, Saddil Ramdani, dan Muhammad Rafli. Laos hanya membalas via Vanna Bounlovongsa.

”Kemenangan perdana selalu istimewa. Ini berkat kerja keras rekan-rekan setim. Mengingat, Laos sempat menyulitkan kami. Terutama di babak pertama,” kata bek tengah timnas U-19 Bagas Adi Nugroho.

Formasi 4-4-1-1 yang dimainkan sejak laga ketiga kontra Australia (16/9) memberikan andil performa moncer timnas U-19. Meski kalah 1-3 dalam laga tersebut, Garuda Jaya mampu menyulitkan Young Socceroos –sebutan Australia, khususnya di babak pertama.

Bandingkan dengan saat kalah 2-3 oleh Myanmar (12/9) dan Thailand (14/9). Bukan hanya minim daya gedor, skuad Eduard Tjong juga banyak memberikan celah kepada lawan di sisi lebar lapangan.

”Indonesia lebih baik daripada kami. Itu harus diakui. Saya rasa tiga kekalahan mereka sebelumnya hanya tidak beruntung bila melihat penampilan hari ini (kemarin),” ungkap pelatih Laos Phanthawat Suphawasantichon.

Besok (20/9) timnas U-19 menjalani laga pemungkas grup B kontra Kamboja. Target tiga poin pun kembali diusung untuk menjaga posisi di klasemen akhir tetap di atas Kamboja sekaligus Laos. Tiga tim memang sama-sama sudah tereliminasi.

Sementara itu, kemenangan timnas U-19 dengan cederanya kapten tim Andy Setyo Nugroho. Padahal, kemarin adalah debut Andy di Hanoi setelah absen dalam tiga pertandingan sebelumnya lantaran cedera paha.

Andy hanya 41 menit berada di lapangan karena cederanya kambuh.  Dokter timnas U-19 Ifran Akhmad menyatakan, kondisi cedera Andy mengharuskan dia untuk istirahat total alias absen kontra Kamboja.

Di sisi lain, Bagas Adi yang menggantikan posisi Andy dalam laga kemarin sejatinya belum pulih seratus persen dari cedera engkel kanan. Bahkan, sesampai di hotel, Bagas menjalani terapi untuk pemulihan cedera.

”Semoga masih bisa main melawan Kamboja,” ucap Bagas.

Selain Andy, Awan Setho menjalani debut di Hanoi kemarin. Kiper bernomor punggung 1 tersebut bahkan tampil cukup impresif. ”Kami sudah menyiapkan kejutan untuk pertandingan melawan Laos. Awan Setho layak diberi kesempatan,” ujar pelatih kiper timnas U-19 Hermansyah. (*/c4/dns/nit)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.