Dortmund Tergelincir, Napoli Sempurna

bandungekspres.co.id– Dua matchday terakhir Borussia Dortmund di grup C Europa League sungguh kelam. Secara mengejutkan Die Borussen, julukan Borussia Dortmund, mengalami kekalahan beruntun.

Usai kalah 0-1 oleh klub Rusia Krasnodar (26/11) pada matchday kelima lalu, kemarin (11/12) di Signal Iduna Park, Mats Hummels dkk kembali tersungkur. Kali ini giliran PAOK Thessaloniki yang mempermalukan Dortmund di depan publik sendiri dengan skor 1-0. Gol tunggal PAOK dihasilkan oleh Robert Mak pada menit ke-33.

Gara-gara dua kekalahan tersebut Dortmund kehilangan posisi puncak grup C Tahta grup C diambil oleh Krasnodar yang pada laga pamungkasnya kemarin (11/12) mengalahkan Qabala 3-0.

Sebagai konsekuensi kelolosan Dortmund yang cuma runner up grup C, maka di babak 32 besar mendatang Dortmund akan berhadapan dengan tim yang statusnya unggulan.

Nah, dari data whoscored laga Dortmund versus PAOK kemarin, Dortmund menguasai ball possesion sampai 77 persen. Namun fakta yang llebih menyakitkan adalah jumlah tembakan PAOK ke gawang Dortmund hanya satu.

Dan tembakan satu-satunya tersebut menjadi gol! Artinya persentase sukses tembakan PAOK dalam laga kemarin adalah 100 persen. Bandingkan dengan Dortmund yang membombardir gawang PAOK sebanyak 20 kali namun tak ada gol yang dihasilkan.

Der Trainer Dortmund Thomas Tuchel dalam situs resmi klub mengatakan klubnya tak beruntung. Dari 20 tembakan yang dilakukan anak asuhnya, tiga mengenai mistar gawang PAOK yang dijaga Panagiotis Glykos.

”Pastinya kami kecewa dengan hasil ini. Kami berhasil menguasai jalannyapertandingan, membuat sebanyak mungkin peluang gol, namun upaya kami tak satu pun berhasil,” tutur Tuchel.

Mengenai kans Dortmund yang bakal bentrok dengan tim-tim unggulan di 32 besar mendatang, Tuchel memang sudah siap. Mantan pelatih Mainz itu mengatakan berjumpa tim kuat Europa League adalah bagian dari konsekuensi kegagalan mereka menjuarai grup C.

Tuchel pun berargumen jika kekuatan grup C yang dihuni Dortmund, Krasnodar, PAOK, dan Qabala susah diprediksi. Meski lawan-lawannya bukanlah nama-nama besar di level Eropa, nyatanya ketiga klub itu sanggup memberikan kesulitan.

Sementara Dortmund mengakhiri perjalanan fase grup C dengan cerita pahit, Napoli justru sebaliknya. Marek Hamsik dkk kemarin dengan gilang gemilang menggebuk Legia Warsawa dengan skor telak 5-2 di San Paolo Stadium.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan