( H.R. Thobroni dan Daruquthni).
Dengan ini maka jika ada orang yang keberadaannya membawa manfaat maka boleh kita berikan RESPECT.
Usia
Usia seseorang poin berikutnya sebagai pertimbangan dan seleksi kita untuk memberikan RESPECT kepadanya.
Terkait usia, perhatikan sebagai berikut :
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا أَكْرَمَ شَابٌّ شَيْخًا لِسِنِّهِ إِلَّا قَيَّضَ اللَّهُ لَهُ مَنْ يُكْرِمُهُ عِنْدَ سِنِّهِ
“Dari Anas bin Malik RA. ia berkata: Rosuululloh SAW bersabda: “Tidaklah seorang pemuda menghormati orang yang tua karena umurnya melainkan Alloh akan menjadikan untuknya orang yang menghormatinya karena umurnya (di masa tuanya).”
( H.R. Imam Tirmidzi )
Rosuululloh Muhammad SAW bersabda:
أَمَرَنِي جِبْرِيلُ أَنْ أُقَدِّمَ الأَكَابِرَ
“Jibril memerintahkan aku untuk mengutamakan orang-orang tua”
( H.R. Abu Bakr Asy Syafi’i )
عن ابن عباس – رضي الله عنها – عن رسول الله r قال: «ليس منَّا من لم يوقِّر الكبير, ويرحم الصغير, ويأمر بالمعروف وينهى عن المنكر». [رواه أحمد والترمذي وابن حبان في صحيحه].
“Dari Ibnu Abbas semoga Alloh meridhai keduanya, dari Rosuululloh Sholallohu ‘alaihi wa sallam, beliau berkata: “Bukan termasuk dari kami (1) orang yang tidak menghormati yang lebih tua(2), dan tidak menyayangi yang lebih kecil (3), serta orang yang tidak memerintah pada kebaikan dan mencegah perbuatan munkar.”
( H.R. Ahmad, At-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban ).
Ya’qub bin Sufyan rohimahulloh berkata, yang artinya; “Telah sampai kepadaku kabar bahwa Al Hasan dan Ali, anaknya Sholih, adalah dua anak yang kembar; Al Hasan lahir sebelum Ali. Tidaklah Al Hasan dan Ali duduk bersama di sebuah majelis kecuali Ali duduk lebih rendah daripada Al Hasan; dan tidaklah Ali berbicara ketika Al Hasan berbicara apabila keduanya berada dalam satu majelis.”
( Al-Khothiib Al Baghdaady dalam Al Jaami’ li Akhlaaqi Ar Roowii wa Aadaabi As Saami’ no: 252 ).
Dari keterangan-keterangan diatas jelas sekali kalau seseorang yang lebih tua usianya layak untuk diberikan RESPECT bahkan jika saudara kembar sekalipun tetap berlaku yang lahir lebih dulu harus lebih dihormati oleh yang lahir kemudian.
Baca juga : Peduli Kemanusiaan, MAI Jabar Galang Dana untuk Palestina
Nasab
Nasab atau latar belakang keturunan dan keluarga tentunya menjadi bahan pertimbangan juga bagi kita untuk memberikan RESPECT kepada seseorang.
Dan ini sudah menjadi hal yang lumrah tentunya dalam adat istiadat dan Islam pun mengajarkan demikian.
Dalam kebiasaan atau adat istiadat, latar belakang keluarga pasti menjadi suatu ukuran dalam memberikan RESPECT yang berlaku untuk siapapun yang terkait dengan keluarga yang bersangkutan bahkan suatu saat bisa menjadi suatu benteng perlindungan bagi seseorang dari gangguan orang lain.