Peringati Sumpah Pemuda, PDI Perjuangan Jabar Berikan Pelatihan Konten Kreator bagi Ratusan Pemuda

BANDUNG – Dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda, DPD PDI Perjuangan Jawa Barat (Jabar) memberikan pelatihan konten kreator kepada ratusan pemuda Jabar di Piset Square, Jalan Pelajar Pejuang 45, Kota Bandung, Sabtu, 27 Oktober 2024.

Ketua Bidang PARPORA DPD PDI Perjuangan Jabar, Nico Siahaan mengatakan, pihaknya sengaja membekali pemuda dengan pelatihan itu guna mempersiapkan Sumber Daya Muda (SDM) dalam menghadapi era digitalisasi yang terus berkembang pesat saat ini.

“Sumpah pemuda itu semangatnya tak pernah padam. Jadi, kita harus mempersiapkan generasi muda sesuai dangan zamannya,” ujar Nico di sela-sela acara.

Anggota DPR RI itu menjelaskan, dunia digital saat ini menjadi tantang besar bagi pemuda. Namun, di sisi lain menjadi kebutuhan pemuda.

“Misalnya tantangan konten kreator yang penuh persaingan saat ini, tapi di sisi lain jadi kebutuhan pemuda. Jadi, pemuda itu harus kreatif,” terangnya.

Dia pun mendorong pemerintah agar mempersiapkan SMD pemuda dalam menghadapi era digitalisasi yang kian tumbuh pesat sekarang ini. Pemerintah kata dia, bisa memberikan edukasi digital dengan memperikan pelatihan konten kreator seperti yang dilakukan PDI Perjuangan Jabar saat ini.

“Buat pemerintah kalau tidak bisa membangun SDM muda ini, nanti mereka malah gampang terinfiltrasi dengan masuknya budaya-budaya asing, masuknya ideologi dan faham destruktif bagi pemuda ke depan,” paparnya.

“Mudah-mudahan walau ini dengan langkah kecil, tapi kegiatan konten kreatif hari ini bisa memicu pemuda untuk terus semangat melalui proses,” imbuhnya.

Bandung sebagai kota kreatif, potensinya untuk menghadapi digitalisasi? Ditanya begitu, Nico menyebut, bahwa perkembangan industri kreatif di Indonesia tak lepas dari peran aktif pemuda Kota Bandung.

“Apalagi soal kreatif ini Bandung banget, dari dulu industri kreatif di Indonesia itu enggak lepas dari pemuda Bandung. Maka dalam menghadai zaman saat ini modalnya sudah ada, tinggal diarahkan,” paparnya.

PDI Perjuangan Jabar memberikan edukasi digital kepada pemuda bekerjasama dengan DPD Taruna Merah Putih (TMP) Jabar.

“PDI Perjuangan merupakan partainya wong cilik yang selalu ingin hadir di tengah-tengah masyarakat. Saya ingin menjadi wadah untuk generasi muda. Mungkin ke depannya terus melakukan pelatihan-pelatihan seperti ini,” kata Ketua DPD TMP Jabar, Bayu Satria Prawira.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan