Tidak Dapat Lagi Dana Bantuan PIP Oktober 2024, Padahal Sebelumnya Pernah Menerima? Bisa Jadi Ini Alasannya

JABAR EKSPRES – Masyarakat penerima manfaat saat ini tengah menantikan pencairan dana PIP pada bulan Oktober 2024.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisa tidak mendapatkan kembali bantuan PIP, padahal sebelumnya pernah mendapatkan bantuan tersebut.

Sebagaimana diketahui, PIP 2024 merupakan bantuan uang tunai, serta upaya untuk memperluas akses dan kesempatan belajar bagi peserta didik dari keluarga miskin atau rentan miskin, guna mendukung biaya pendidikan mereka.

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh masyarakat yang menjadi penerima manfaat, mengapa tahun ini tidak mendapatkan bantuan PIP, padahal sebelumnya pernah menerimanya?

Kenapa saat berada di jenjang sebelumnya (SD/SMP) selalu menerima bantuan PIP, tetapi sekarang di jenjang yang lebih tinggi (SMP/SMA/SMK) tidak mendapatkan?

Berikut adalah beberapa kemungkinan alasan penyebabnya yang dapat diketahui.

Dikutip dari laman FAQ puslapdik.kemdikbud.go.id, beberapa kemungkinan penyebabnya antara lain tidak terdaftar di DTKS Kemensos, tidak terpadan saat pemadanan DTKS dengan data Dapodik, data peserta didik pada Dapodik tidak lengkap atau tidak valid, tidak ditandai sebagai layak PIP, atau tidak diusulkan kembali oleh dinas pendidikan atau pihak terkait.

Selain itu, bisa juga disebabkan oleh putus sekolah, meninggal dunia, atau dilaporkan sebagai peserta didik dari keluarga mampu.

BACA JUGA: Bansos PIP Untuk Anak Sekolah Cair Oktober 2024, Cek Melalui Link Ini

Cara Mengecek Status Penerima PIP 2024

Siswa dapat mengecek status penerima PIP 2024 secara online dengan mengunjungi situs resmi di pip.kemdikbud.go.id. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi laman resmi SIPINTAR atau situs pip.kemdikbud.go.id.
  2. Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di kolom pencarian penerima PIP Kemendikbud.
  3. Ketik captcha sesuai dengan urutan angka dan kode yang ditampilkan.
  4. Setelah itu, klik tombol ‘Cari’. Halaman akan menampilkan informasi mengenai penerima PIP 2024.

Perlu diingat bahwa tidak semua siswa mendapatkan bantuan PIP, hanya siswa yang terdaftar dalam sistem PIP Kemendikbud Ristek yang berhak menerima bantuan tersebut.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan