Pengalaman Ikut Tangkap Begal, Cawalkot Arfi Gagas Program Bandung Caang

JABAR EKSPRES – Calon Wali Kota Bandung Arfi Rafnialdi makin bulat untuk menggagas Program Bandung Caang. Itu juga berkat pengalaman langsungnya turut menangkap begal saat Mapay Lembur 40 Jam, Jumat (18/10).

Bagi Arfi, pengalaman itu cukup berharga. Artinya memberikan realitas nyata pentingnya upaya menekan kriminalitas di Kota Bandung. Sebagai salah satu solusinya adalah penerangan di Kota Bandung butuh diperbanyak lagi.

“Bandung Caang artinya Cahaya Aman dan Tenang,” ujarnya.

BACA JUGA: Foto Tak Senonoh Diduga Abidzar Al-Ghifari Viral di Medsos, Benarkah?

Fakta lain, tidak sedikit memang jalan raya di Kota Bandung gelap saat malam hari. Peneranganya minim, adapun lampu tapi redup atau mati.

Cawalkot Nomor Urut 4 itu menjabarkan, program tersebut tak hanya sebatas pembangunan infrastruktur. Bandung Caang membawa semangat kolaborasi dengan kepolisian untuk menjaga kondusivitas untuk warga Bandung.

Artinya juga ada semangat untuk menghadirkan ketenangan bagi warga. Upayanya juga menghadirkan kolaborasi maksimal dengan unsur forkopimda di Bandung. Tak terkecuali adalah unsur kepolisian.

BACA JUGA: Tanpa Penonton, Persib Tampil Ganas Tumbangkan Persebaya dengan Skor 2-0

Bentuk kolaborasi itu misalnya dari kepolisian menghadirkan SDM. Lalu sebaga imbal balik maka Pemerintah Daerah akan turut memberikan dukungan kepada pihak kepolisian. “Ada stimulus anggaran atau peralatan, jadi saling dukung,” ujarnya.

Arfi melanjutkan, kejahatan atau kriminalitas sebenarnya juga bukan hanya masalah penerangan atau infrastruktur. Yakni juga ada faktor ekonomi.

Tidak sedikit pelaku kejahatan nekad melakukan kriminalitas karena faktor desakan ekonomi. Kebutuhan hidup tinggi tapi pendapatan sangat minim. Bahkan sulit mendapat pekerjaan. Sehingga mereka gelap mata dan melakukan kriminalitas.

BACA JUGA: Pemerintah Cimahi Selesaikan Perbaikan 385 Rutilahu, namun Masih Ada 1.037 Unit yang Butuh Perhatian

Karena itu program lain yang perlu digencarkan adalah terkait menekan pengangguran dan mendongkrak ekonomi warga. “Perlu ada penyediaan lapangan kerja supaya anak muda ini tersalurkan energinya,” cetusnya.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan