LKP Nuning Cetak Tenaga Terampil di Bidang Tata Rias Profesional

JABARESKPRES – 30 peserta pelatihan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) 2024 bidang tata rias kecantikan, binaan LKP Nuning kini mulai diterjunkan ke masyarakat.

Para peserta berhasil menguasai ilmu tentang tata rias dan kecantikan setelah mengikuti pelatihan selama 3 bulan melalui program pendidikan kecakapan wirausaha platinum LKP Nuning

Pimpinan LKP Nuning Nisma Nurul Bilad mengatakan, Selama 3 bulan para peserta yang 30 orang ini mendapat pelatihan di bidang keterampilan tata rias kecantikan pengantin di LKP Nuning.

Menurutnya, acara penutupan ini adalah rangkaian dari pelaksanaan program PKW Tahun 2024 dari Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

” Jadi selama 300 jam pelajaran mereka dilatih secara intensif untuk memiliki keterampilan yang mumpuni di bidangnya,” jelas Nisma disela acara.

Pada pelaksanaan nya ke tiga puluh peserta  tersebut dibagi menjadi 6 kelompok rintisan usaha. Dimana mereka dibina hingga memiliki keterampilan yang profesional.

Dalam prosesnya, para peserta pun dilibatkan dalam unit usaha lembaga, dalam teaching factory. Dimana mereka dilatih untuk berhadapan langsung dengan klien sesungguhnya.

‘’Ini semata-mata untuk mendapatkan pengalaman usaha yang sebenernya,” katanya.

LKP Nuning juga memberikan peralatan rintisan usaha berupa perlengkapan kosmetik, busana pengantin, perlengkapan upacara adat, dekorasi dan kelengkapan tata rias lainnya.

“Tidak hanya itu saja, mereka pun mendapat fasilitas akses permodalan dari perbankan, ” jelasnya.

Pihaknya pun terus akan terus melakukan monitoring dan pemantauan atas rintisan usaha mereka agar usaha tata rias pengantin tetap berjalan.

Dengan begitu, para peserta ketika membuka usaha bisa berkonsultasi untuk mencari solusi dalam mengembangkan usaha.

“Kita tetap melakukan pemantauan terhadap usaha mereka selama 1 tahun ke depan,’’ujar Nisma.

LKP Nuning tetap akan bertanggung jawab. Sebab bagaimana pun kita memiliki tanggung jawab moral mendorong hingga memperoleh kesuksesan.

Para peserta juga akan mengikuti berbagai event lomba untuk menunjukan bakat dan mengasah kemampuan dalam bidang tata rias kecantikan.

Acara lomba tata rias pengantin modern tersebut merupakan kerjasama LKP Nuning dan brand make over untuk masyarakat umum.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan