Tiru Medellin, Arfi ingin Tanam 2,5 Juta Pohon untuk Jaga Suhu Udara Bandung

JABAR EKSPRES – Calon Wali Kota Bandung Arfi Rafnialdi bakal mencanangkan penanaman 2,5 juta pohon. Itu langkah yang dijanjikan Arfi untuk menjaga suhu udara Kota Bandung agar tetap dingin.

Suhu udara di Kota Bandung memang tidak selalu panas. Tapi, pernah menyentuh 36 derajat celsius pada Oktober 2023.

Kondisi itu tetap perlu jadi perhatian meski tidak terjadi setiap hari. Meski kondisi itu tak terjadi setiap hari pada Oktober 2023, suhu udara maksimum itu tercatat paling tinggi untuk periode 2021-2023.

BACA JUGA: Apakah EcoMamoni itu Aplikasi Penghasil Uang atau Penipuan? Cek Faktanya

Arfi mengungkapkan, ia bakal mencanangkan penanaman 2,5 juta pohon secara serentak saat mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk memimpin Kota Bandung. Langkah itu belajar dari Kota Madellin, Kolombia.

“Waktu itu penduduk kota ada di sekitar 3 juta orang. Mereka menaman 3 juta pohon secara serentak pada hari pertama wali kota menjabat,” cetusnya.

Langkah itu dinilai inspiratif dan selaras dalam menuntaskan masalah suhu kota. “Tiga tahun setelahnya, rata-rata suhu udara di kota itu (Medellin.red) turun 3 derajat celsius. Kami pun akan melaksanakan hal serupa jika menang,” ujarnya.

BACA JUGA: Bawaslu Kabupaten Bandung Dalami Dugaan Pelanggaran Kampanye oleh Sahrul Gunawan di RSUD Otista

Arfi menjabarkan, Kota Bandung dapat memanfaatkan program pemerintah pusat yang memberikan 25 bibit pohon per penduduk secara gratis. Sehingga dengan satu bibit per penduduk, minimal 2,5 juta pohon bisa ditaman secara serentak di Kota Bandung.

Namun Arfi juga menyadari bahwa tak seluruh wilayah di Kota Bandung memiliki lahan memadai untuk penanaman pohon. Karena itu sebelum eksekusi butuh lebih dahulu pemetaan. Yakni wilayah memadai untuk penanaman pohon di permukaan tanah, atau yang perlu alat penunjang seperti pot.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan