Bertemu Pegiat Seni dan Budayawan se-Sumedang, Ronal Sebut Kebudayaan Jadi Fokus Kepemimpinan Jeje-Ronal

SUMEDANG – Calon Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ronal Surapradja mengaku bahwa kebudayaan menjadi salah satu fokus dari kepemimpinan Jeje-Ronal jika terpilih. Hal ini diungkapkannya saat bertemu dengan pegiat seni dan budayawan se-Kabupaten Sumedang, di Zazi Coffee, Sumedang, Jawa Barat.

“Saya dan Pak Jeje adalah orang Sunda dan latar belakang seniman. Maka tidak ada alasan untuk tidak memerhatikan seniman,” ujar Ronal, Senin 14 Oktober 2024.

Ronal menyebut, pertemuannya dengan seniman dan budayawan kali ini dijadikan bahan diskusi untuk pembuatan kebijakan nantinya jika diamanahkan sebagai pemimpin di Jawa Barat.

“Pertemuan ini memperjelas calon pemimpin dan pelaku budaya semakin solid. Ke depan, kami akan punya kebijakan dan anggaran, pelakunya adalah mereka. Jadi harus satu visi dan misi agar nyambung,” jelasnya.

“Kemudian, mereka punya keresahan apa nanti kami akan rumuskan dalam kebijakan kelak. Kami perhatikan bahwa kebudayaan harus menjadi fokus dari kepemimpinan Jeje-Ronal,” sambungnya.

Ronal menambahkan, hingga saat ini dia masih setia dan ikut melestarikan berbagai kebudayaan khususnya budaya Sunda. Seperti bermain suling hingga menonton pertunjukan wayang.

“Setiap hari saya masih mendengarkan dan menonton wayang. Orang tua kita luar biasa, tidak hanya lirik asal namun simbol indah. Kebudayaan seperti itu harus dilestarikan,” pungkasnya.

Adapun Jeje-Ronal pasangan nomor urut dua ini memiliki visi dan misi mewujudkan masyarakat Jawa Barat (Jabar) yang adil, makmur, lestari, dan peradaban. Di mana lestari alamnya, budayanya, dan sejarahnya. Kemudian peradaban sesuai dengan adab. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan