Dana Bansos PKD Oktober 2024 Cair Kapan? KAJ, KLJ, KPDJ, Cek Info Berikut

JABAR EKSPRES – Apakah akan ada pencairan dana bansos PKD pada bulan Oktober 2024? Simak penjelasannya berikut ini.

Seorang warganet bertanya di kolom komentar Instagram @dinsosdkijakarta, “Apakah bulan Oktober akan cair lagi atau akan di rapel ke bulan bulan berikutnya?” tanya akun @irf** di kolom komentar.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Dinas Sosial DKI Jakarta menjelaskan bahwa pemberian bantuan sosial berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 44 Tahun 2022, dijelaskan bahwa bantuan sosial diberikan secara tidak terus menerus dan dilakukan pemilihan secara selektif.

“Oleh karena itu, dalam hal pemilihan calon penerima PKD dilakukan melalui Musyawarah Kelurahan dengan mempertimbangkan warga yang paling berhak menerima dengan tingkat kemiskinan yang paling rendah,” demikian tanggapan dari Dinas Sosial DKI Jakarta dikutip dari Instagramnya, Kamis (3/10/2024).

Sebagaimana diketahui, pencairan bansos PKD tahap 3 tahun 2024 telah dilakukan pada bulan September 2024 tepatnya Kamis, 19 September 2024 lalu.

BACA JUGA: Pendaftaran DTKS 2024 di Jakarta Kapan Dibuka? Ini Penjelasan Dinsos DKI Jakarta

Dinsos DKI Jakarta menyebutkan pencairan dana bansos PKD tahap 3 tahun 2024 mencakup akumulasi untuk tiga bulan, yaitu Juli, Agustus, dan September 2024, yang diberikan kepada penerima KAJ, KPDJ, dan KLJ.

Total penerima manfaat untuk tahap 3 ini mencapai 181.353 orang, dengan rincian 141.533 orang untuk KLJ, 17.326 orang untuk KPDJ, dan 22.494 orang untuk KAJ.

Selain kepada penerima manfaat baru, penyaluran bansos PKD tahap 3 juga mencakup penerima lama.

BACA JUGA: Bansos KAJ, KPDJ, KLJ Tahap 3 Tahun 2024 Tidak CAIR? Ini 8 Alasan Penerima Bisa Diberhentikan

Bansos PKD merupakan Bantuan Sosial Pemenuhan Kebutuhan Dasar yang diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta. Program ini terdiri dari tiga jenis bantuan yaitu Kartu Lansia Jakarta (KLJ), Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ), dan Kartu Anak Jakarta (KAJ).

Namun hingga saat ini, belum ada informasi resmi yang diumumkan mengenai pencairan bansos PKD pada bulan Oktober 2024.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan