119.975 Pemilih Masuk Kategori Disabilitas, KPU Jabar akan Siapkan TPS Khusus di Pilkada Serentak

JABAR EKSPRES, BANDUNG – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat (KPU Jabar), mengaku akan menyiapkan Tempat Pemungutan Suara atau TPS khusus dan ramah untuk kaum disabilitas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Pasalnya dari total jumlah pemilih di Jabar yang mencapai 35.925.960, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jabar, Hedi Ardia menyebut 119.975 diantaranya merupakan kaum disabilitas.

“Oleh karena itu, ini penting bagi jajaran KPU punya cara pandang yang ramah kepada disabilitas,” ujarnya, Jum’at (4/10).

BACA JUGA:Miris, Pemkab Pangandaran Tunggak Pembayaran Gaji Honorer Selama 6 Bulan

Hedi menambahkan, peningkatan layanan kepada kaum disabilitas khususunya di pemilihan cukup penting dilakukan oleh KPU. Sebab kata dia, di pileg dan pilpres kemarin, banyak masyarakat khususnya penyandang disabilitas yang mengeluhkan hal tersebut.

“Ini PR (pekerjaan rumah) bagi kami, untuk bagaimana membuat TPS ramah terhadap disabilitas. Karena kadang di lapangan disamaratakan perlakuannya, padahal berbeda,” ucapnya.

Oleh karena itu, dengan adanya hal ini, Hedi menuturkan pihaknya akan terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada kaum disabilitas dalam Pilkada nanti.

BACA JUGA:Pendataan Tak Transparan, Walhi Jabar Minta Pemkab Bandung Verifikasi Ulang Data Bencana Disertai Sosialisasi Merata

“Karena setiap KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) di wilayah masing-masing pasti memiliki data berapa jumlah pemilih disabilitas. Sehingga ketika tahu ada disabilitas di area yang akan dibangun TPS, maka harus dibangun TPS yang ramah terhadap mereka,” ungkapnya.

“Jadi harus memudahkan mereka masuk ke TPS. Ini yang seringkali kurang diperhatikan, termasuk juga kemampuan berkomunikasi dan melayani disabilitas,” pungkasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar resmi menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Total DPT adalah 35.925.960 pemilih.

Hal ini ditetapkan berdasarkan hasil akhir pleno yang digelar, Minggu (22/9) kemarin di Kota Bandung. “Ini berkurang sekitar 40.880 dibandingkan DPS (Daftar Pemilih Sementara) 35.966.840 pemilih,” tutur Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni.

(San).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan